JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Cyrus: Masyarakat Lebih Percaya Polri Ketimbang KPK

Anggota Kepolisian mengikuti Apel Gelar Pasukan PAM Malam Tahun Baru 2020 di kawasan Monas, Jakarta, Selasa, 31 Desember 2019. Polda Metro Jaya dan jajaran tim pengamanan lainnya mengerahkan kurang lebih 10 ribu personel untuk mengamankan pesta pergantian tahun di Jakarta dan sekitarnya / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin menurun. Dalam survei yang dilakukan awal 2020 ini, untuk pertama kalinya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK kalah dibandingkan kepercayaan kepada Kepolisian.

Demikian hasil survei yang dilakukan dan dilakukan oleh Cyrus Network.

“Untuk pertama kalinya survei ini menemukan bahwa penilaian terhadap kepolisian lebih baik daripada penilaian publik terhadap KPK,” kata CEO Cyrus Network, Eko Dafid Afianto dalam keterangan tertulis, Jumat ( 13/3/2020).

Dalam surveinya, Cyrus menemukan bahwa 71 persen responden menilai Polri makin kuat, 68 persen menganggap Polri makin solid, dan 62 persen masyarakat menganggap Polri makin bisa dipercaya.

Sementara, hanya 57 persen responden yang menganggap KPK makin kuat, 54 persen masyarakat yang menilai KPK makin solid dan 57 persen yang menganggap KPK makin bisa dipercaya.

Cyrus menyatakan banyaknya opini negatif yang terjadi selama demo besar menolak revisi UU KPK menggerus keyakinan publik terhadap lembaga antirasuah ini. Publik belum yakin bahwa UU tersebut bisa memperkuat KPK.

Cyrus Network mengadakan survei
 nasional dengan 1.230 responden pada 24-30Januari 2020. Tingkat kepercayan survei diklaim sebesar 95 persen dan margin of error sebesar 2,85 persen. Responden tersebar di 123 kelurahan dan desa di 34 provinsi di Indonesia.

www.tempo.co

Baca Juga :  Selain UI, Epidemiolog Universitas Griffith Australia Ini Sebut Pemerintah Terburu-buru Gunakan GeNose untuk Deteksi Covid-19