JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tak Takut Dikritik, Firli KPK Berpuisi, Ajak Masyarakat Lawan Korupsi dengan Puisi

Ketua KPK Firli Bahuri menunjukkan nasi goreng buatannya dalam acara silahturahmi Pimpinan KPK di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Senin (20/1/2020) malam / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  Firli Bahuri mengajak masyarakat untuk melawan korupsi dengan puisi.

Ajakan tersebut disampaikan dalam bentuk puisi pula, yang dibacakannya pada malam Apresiasi Puisi ‘Seni vs Korupsi’, yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI), Sabtu (29/2/2020) malam.

“Sungguh indahnya kedamaian dan kebhinekaan di negeri ini. Tetapi suasana ini bisa hilang seketika, ketika nafsu dibakar dengan niat memperkaya diri dan korupsi terus bersemi,” demikian sepenggal kutipan puisi yang ditulis dan dibacakan sendiri oleh Firli Bahuri, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tempo, Minggu (1/3/2020).

Menurutnya, seni dan sastra, termasuk puisi, dapat menjadi salah satu sarana membangkitkan kesadaran anti korupsi.

“Tujuannya lebih dari ekspresi seni, tapi penegasan bahwa segala saluran harus digunakan untuk membangun budaya anti korupsi,” ujar Firli.

Ia juga mengaku tidak khawatir apabila aksi baca puisinya dikritik.

“Mungkin akan ada yang mencibir. Kenapa Ketua KPK bukannya berburu koruptor, tapi malah berpuisi. Patut dicatat, tugas KPK bukan cuma berburu koruptor, tapi mengajak masyarakat dengan menggunakan sarana apapun untuk melawan korupsi mulai dari diri sendiri,” kata Firli.

Tak hanya membacakan puisi, Firli juga mengingatkan tamu yang hadir untuk melaporkan kepada KPK apabila memiliki informasi keberadaan tujuh buronan, termasuk Nurhadi dan Harun Masiku.

Selain Firli Bahuri, sejumlah pejabat juga hadir dan ikut membacakan puisi, antar lain Jaksa Agung ST Burhanuddin, Wadir Tipikor Bareskrim Mabes Polri dan Ketua BPK Agung Firman Sampurna.

www.tempo.co

Baca Juga :  Refly Harun  Yakin Adanya Intervensi terhadap MK Sejak Awal Persidangan
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com