JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Tragis, Juara Lomba Marathon HUT DPRD Karanganyar Langsung Ambruk Usai Finish dan Dirujuk ke RSUD. Sejumlah Peserta Bertumbangan dan Harus Mendapat Perawatan

Foto/Wardoyo
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

IMG 20200304 221545
Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah peserta lomba lari marathon 10 kilo meter dalam rangka HUT ke-69 DPRD 2020 di Karanganyar bertumbangan jatuh.

Bahkan satu peserta terpaksa harus dirujuk ke RSUD Karanganyar untuk perawatan lanjutan, akibat mengalami kram perut, Rabu (04/03/2020).

Peserta yang harus menjalani perawatan lanjutan tersebut diketahui bernama Maharani Dean. Pelari dengan nomor punggung 027 yang berasal dari  SMA Negeri 1 Karanganyar itu mendadak ambruk dan mengerang kesakitan.

Maharani Dean, berhasil masuk finis pertama kali untuk kategori pelajar puteri dengan catatan waktu  01 jam 02 menit dan  55 detik.

Kepala seksi  pelayanan kesehatan Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar, Bambang, kepada wartawan mengatakan, Maharani Dean, mengalami kram perut sesaat usai masuk garis finis.

Baca Juga :  Dihantam Covid-19, APBD Kabupaten Karanganyar Tahun 2021 Anjlok Rp 130 Miliar. Transfer Dana APBN Juga Turun Rp 133 Miliar

Menurutnya, pertolongan pertama telah diberikan namun karena ada kekawatiran akan mengganggu organ tubuh yang lain, maka pihaknya langsung merujuk Maharani ke rumah sakit umum daerah Karanganyar.

“Salah satu peserta harus kita rujuk ke rumah sakit untuk perawatan lanjutan karena megalami kram perut,” ujarnya, Rabu (04/03/2020).

Ia menjelaskan salah satu faktor penyebab banyaknya peserta yang mengalami kelelahan karena kurangnya persiapan dan pemanasan saat akan mengikuti lomba.

Meski demikian, ia memastikam semua peserta yang mengalami gangguan selama perlombaan, bisa tertangani dengan baik.

“Hanya satu yang dirujuk. Yang bersangkutan harus kami rujuk ke rumah sakit agar dilakukan tindakan medis lanjutan,” jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mengatakan kejuaraan marathon itu merupakan yang keempat kalinya digelar. Event itu diikuti 750 peserta pelajar dan masyarakat umum  dari seluruh wilayah Karanganyar.

Baca Juga :  Diizinkan Lakukan Swab Test, RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Malah Kebanjiran Pasien. Kamar Isolasi Covid-19 Sampai Full Pasien

“Lomba lari marathon ini akan kita laksanakan secara rutin. Kita berharap, dengan ajang ini, dapat menghasilkan atlit berprestasi dan membawa harum nama Karanganyar,” kata dia.

Hasil perlombaan untuk kategori umum, juara pertama diraih Wawan Ardiansyah  dari Kelurahan Blumbang Tawangmangu. Sedangkan untuk kategori putri, juara pertama diraih Maharani Dean dari SMA Negeri 1.

Untuk kelompok putra, juara pertama  diraih Ardi Cahyo dari SMK Penda, kategori putri tingkat SLTP diraih Davita Allisiya dari SMP Negeri 1 Ngargoyoso, untuk kategori SLTP putra diraih Januar, dari SMP Negeri 4 Karanganyar.
Masing-masing pemenang berak atas hadiah berupa tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 1000.000. Wardoyo