JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Baik, 4 Pasien Corona di RSUD Wongsonegoro Sembuh, Ini Kuncinya

Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro dr Susi Herawati menjelaskan pasien virus corona yang sembuh di rumah sakit yang dipimpinnya, Selasa (31/3/2020) / tribunnews
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Ada kabar baik dari Semarang. Sebanyak empat orang pasien positif corona yang dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro, Kota Semarang dinyatakan sembuh,  Selasa (31/3/2020).

Mereka sebelumnya dirawat di rumah sakit tersebut sekitar 10 hingga 15 hari dengan diagnosa awal Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Hal itu berdasarkan tempat-tempat yang mereka kunjungi sebagai lokasi penularan,” ungkap Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro dr Susi Herawati kepada Tribunjateng.com di rumah sakit yang dipimpinnya.

“Dari gambaran pemeriksaan laboratoriumnya sendiri mendukung adanya infeksi virus dan photo thorax (rontgen dada) menunjukkan adanya pneumonia,” imbuhnya.

Pasien lalu dirawat sesuai kebutuhan masing-masing dan diisolasi di rumah sakit tersebut.

“Kami terus berikan support untuk membangkitkan semangat hidup supaya imunitasnya meningkat,” lanjut Susi.

Keempat pasien yang positif itu dinyatakan sembuh setelah pihak rumah sakit melakukan swab yang pada akhirnya menunjukkan hasil negatif sebanyak dua kali.

Selama perawatan, para pasien diberikan sejumlah vitamin, makanan yang bergizi dan Oseltamivir.

Oseltamivir sendiri yakni obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi virus influenza tipe A (misalnya flu burung) atau B.

Susi mengatakan bahwa saat ini mereka bisa pulang bertemu dengan keluarga dan kerabatnya masing-masing.

“Kami akan tetap lakukan pengawasan sesuai  waktu yang ditentukan selama para pasien di rumah,” ungkapnya.

Nama keempat pasien itu yakni Muyin (28) asal Rembang, Lastri asal Ungaran, Sutan asal Kendal dan Lisa asal Semarang.

Mereka rata-rata berumur kisaran sekitar 20-50 tahun.

Satu di antaranya, Lastri, mengaku saat ini merasakan kondisi tubuhnya sudah sehat dan bugar setelah sebelumnya merasa demam dan lemas.

Sebagai informasi, pasien positif corona yang dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro saat ini tersisa satu orang sedangkan ada 39 lainnya yang berstatus PDP.

Susi mengatakan bahwa masyarakat yang ingin memeriksakan dirinya dengan Rapid Test dapat mengisi form online yang disediakan oleh rumah sakit Pemerintah Kota Semarang. 

Untuk mendaftar, peserta bisa mengisi form online dengan mengakses situs www.rswnsmg.com/testcovid19.

“Saya mengapresiasi ide dari Bapak Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Rapid Test ini terbuka bagi siapapun, kami sangat mengharapkan masyarakat bisa aktif mengisi form online yang kami sediakan,” ujar Susi.

www.tribunnews.com

Baca Juga :  Bantuan Subsidi Gaji untuk Guru Honorer Sebesar Rp1,8 Juta Mulai Disalurkan, Ini Persyaratan untuk Jadi Penerima