JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Budi Karya: 7 Orang di Kemenhub Positif Corona

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tiba di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan untuk menghadiri rapat yang membahas masuknya kapal Cina di Zona Ekonomi Ekslusif wilayah perairan Natuna Utara / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di lingkungan Kementerian Perhubungan, ada sebanyak tujuh orang yang tertular virus corona (Covid-19).

Demikian dikatakana oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dari tujuh orang tersebut, salah satunya adalah Budi Karya Sumadi sendiri, yang kini sudah dinyatakan negatif.

“Bukan saya saja yang kena. Di Kemenhub itu rombongannya ada tujuh orang kena, tapi saya enggak tahu kena di mana saja,” ujar Budi Karya saat konferensi pers virtual, Senin (27/4/2020).

Budi Karya mengakui, di antara tujuh orang yang positif virus corona di lingkungan Kementeriannya itu, dirinya adalah pasien yang paling tua.
Saat ini, ia berusia 63 tahun. Sedangkan usia enam orang lainnya berada di bawah 60 tahun.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Bikin Organda Tekor Hingga Rp 15,9 T Per Bulan

Ihwal detail penularan virus corona tersebut, Budi Karya tak mengetahuinya.
“Saya enggak tahu kenanya di mana karena masing-masing terpencar,” tuturnya.

Pemerintah sebelumnya mengumumkan bahwa Menhub Budi Karya Sumadi positif corona pada 15 Maret lalu. Ia sempat tak sadarkan diri selama 14 hari di RSPAD Gatot Subroto yang merupakan rumah sakit rujukan Covid-19.
Selama itu, dokter yang merawat harus memasang alat-alat bantu medis, seperti alat bantu pernapasan.

Baca Juga :  Persebaran Corona Meluas, Kembali 3 Gedung Pemprov DKI Jakarta Ditutup

Setelah 17 hari lamanya dirawat di rumah sakit, Budi Karya lalu menjalani perawatan mandiri di rumah dinasnya di Widya Chandra, Jakarta, selama 27 hari.

Ia dinyatakan negatif setelah dua kali menjalani tes reverse transpranse Polymerase Chain Reaction atau PCR Covid-19.

Kolega Budi Karya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, sebelumnya juga mengakui positif tertular virus corona. Zulfikri menjalani perawatan secara mandiri di rumahnya setelah sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Tangerang. Belakangan, ia telah kembali sehat dan sudah mengikuti pelbagai rapat virtual.

www.tempo.co