JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mahasiswa UNS Positif Corona, Rektor: Pasien Dari Melayat Saudara di Jakarta, Sekarang Sudah Hari ke-13 Perawatan

Susana jumpa pers terkait adanya seorang mahasiswa UNS yang dinyatakan positif Corona, Jumat (17/4/2020). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo positif Corona pulang dari melayat saudaranya di Jakarta. Terkait salah satu mahasiswanya yang dinyatakan positif Corona, pihak UNS Solo telah membenarkannya.

Menurut Ketua Tim Medis RS UNS, Prof Reviono, mahasiswa positif Covid-19 tersebut sebelumnya memang tinggal di Solo alias kos. Namun karena ada saudara di Jakarta yang meninggal, akhirnya yang bersangkutan pulang ke Jakarta dan kembali ke Solo. Selama dua hari di Solo, yang bersangkutan tinggal di kos dan merasakan demam serta mual. Kemudian mahasiswa tersebut memeriksakan ke dokter jaga RS UNS. Kemudian dilakukan pemeriksaan swab serta diberikan obat anti virus standar Kemenkes.

“Jadi yang bersangkutan sudah paham sehingga ketika muncul gejala langsung periksa. Hal ini bisa meminimalkan penyebaran Covid-19. Kita terus memberikan pendampingan termasuk psikiater,” ujarnya, Jumat (17/4/2020).

Baca Juga :  UNS Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Kereta Cepat Indonesia China

Sementara itu, Rektor UNS Solo, Prof Jamal Wiwoho mengatakan, UNS telah melaporkan secara resmi kepada Kepala Dinas Kesehatan Surakarta tentang hasil pemeriksaan PCR Covid-19 pada seorang pasien dengan hasil positif.

“Sampai saat ini, pasien dalam keadaan baik, dan dirawat sesuai standar dari Kemenkes. Tadi malam saya whatsapp mahasiswa tersebut, dia membalas dan menyampaikan kalau kondisi baik, hari ini merupakan hari ke-13 ia dirawat di RS UNS. Lalu saya Whatsapp orangtuanya di Tebet, Jakarta saya himbau untuk tenang, dan saya sampaikan putrinya kami jaga dengan sebaik-baiknya,” imbuh Rektor.

Ditambahkan Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS, dr. Tonang Dwi Ardyanto, mahasiswa positif covid-19 memeriksakan diri ke RS UNS tanggal 4 April 2020. Sesuai standar Kemenkes, pemeriksaan swab hasilnya keluar pada 12 April kemarin dan hasilnya positif.

Baca Juga :  Sumbang 10 Kasus, Klaster Perkantoran di Kecamatan Jebres Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Solo, Kini Total 628 Orang

“Ini sudah hari ke-13 mahasiswa kita rawat di RS UNS. Setelah ini nanti kita periksa lagi, harapannya bisa negatif. Sesuai prosedur masih ada dua kali pemeriksaan lagi jika negatif maka bisa kita pulangkan,” ujar dr. Tonang.

Pihak UNS menghimbau kepada seluruh mahasiswa yang masih di Solo supaya tidak mudik terlebih dahulu terlebih ke lokasi yang mengalami zona merah Covid-19. Bagi civitas akademika UNS yang mengalami batuk, demam diatas 38 derajat celsius untuk segera melapor ke Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di fakultas, kemudian Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di fakultas akan koordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni kemudian direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan di RS UNS. Prihatsari