JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menhub Budi Karya Sumadi Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Masih Harus Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

JAKARTA (JOGLOSEMARNEWS.COM ) – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Saat ini, dia masih menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya sesuai protokol penanganan Covid-19.

            Budi Karya meninggalkan rumah sakit beberapa hari lalu setelah menjalani perawatan intensif selama sebulan. “Bapak Budi Karya Sumadi, beberapa hari lalu telah kembali di kediaman setelah dirawat di RSPAD,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dalam keterangannya, Rabu, 15 April 2020.

            Ditambahkan Adita, meski dinyatakan sembuh, Menhub masih harus menjalani isolasi mandiri. “Kondisi beliau sehat dan saat ini tengah melakukan pemulihan serta isolasi mandiri selama 14 hari sesuai arahan dokter.”

Baca Juga :  Isolasi Pasien Covid-19 di Hotel Berlaku Sampai dengan Kebutuhan Terpenuhi

            Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit Covid-19 pada 14 Maret 2020. Dia tercatat sebagai pasien dengan nomor kasus ke-76. Budi Karya juga sempat menyampaikan pesan lewat pesan whatsApp yang menyatakan dirinya tidak menyerah dalam melawan virus Corona atau Covid-19 yang menginfeksi tubuhnya selama hampir satu bulan ini. “Saya tidak menyerah, saya selalu berusaha. Tuhan sudah memberi jalan,” ujarnya dalam pesan singkat WhatsApp, Rabu, 15 April 2020.

            Budi Karya menyatakan tidak sabar ingin kembali beraktivitas seperti biasa setelah keluar dari perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Termasuk di antaranya adalah bertemu dengan awak media atau wartawan yang biasa ditemui di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga :  Sabtu, DKI Jakarta Tambah 1.440 Orang Positif Covid-19

            Sebelumnya, per 14 Maret 2020 lalu Budi Karya dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah beberapa waktu terakhir dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Ia mendapatkan serangkaian perawatan dari tim medis RSPAD secara intensif karena selain terinfeksi virus Corona. Ia juga memiliki penyakit bawaan yang telah diderita sejak lama, yakni penyakit asma.

            Budi Karya sempat mengunggah kondisi terakhirnya bersama dokter yang menanganinya dan memberikan semangat kepada masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19. Selama mendapatkan perawatan, peran Budi Karya digantikan sementara oleh Menhub Ad-Interim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.(ASA)



www.tempo.co