JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Pasangan Lansia Ini Punya Cara Unik untuk Kalahkan Corona

Fu Chunzhi (79) dan Li Hongsheng (84) / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di luar peran dokter dan petugas medis, sikap dan kedisiplinan pribadi pasien ikut membantu kesembuhan seseorang dari cengkeramann virus corona.

Salah satu buktinya, pasangan manula yang telah menikah selama 60 tahun ini berhasil mengalahkan virus corona secara bersama-sama dengan cara yang unik.

Keduanya adalah Fu Chunzhi (79) dan Li Hongsheng (84). Pasangan suami istri asal Wuhan, Hubei China itu dinyatakan pulih dari covid-19.

Dilansir The Star, Senin (20/4/2020), pasangan itu memiliki kunci kesembuhan mereka meski di usia lanjut dapat memerangi corona.

Satu kunci kesembuhan mereka adalah saling memberi dukungan satu sama lain. Selama menjalani perawatan sejak awal Februari 2020 lalu, mereka berdua tak pernah lepas berpengangan tangan.

Hal itu juga diungkapkan oleh perawat rumah sakit setempat.

Baca Juga :  Pecandu Narkoba Ini Sumbangkan Ginjalnya untuk Polisi yang Berkali-kali Menangkapnya

“Mereka berpegangan tangan ketika kami membawa mereka ke bawah untuk CT scan. Mereka melewati masa-masa sulit bersama,” ujar Yu Liping, seorang dokter dari Rumah Sakit Pengobatan Tradisional China Wuhan.

Yu Liping merupakan dokter yang merawat pasangan lansia tersebut sejak mereka masuk rumah sakit.

Yu Liping mengakui, jika meski sudah menikah 60 tahun, Fu Chunzhi dan Li Hongsheng saling mencintai.

“Mereka sangat saling mencintai,” ujar Yu Liping lagi.

Kasih sayang keduanya saling menginspirasi hingga mereka berdua dapat sembuh dari virus mematikan, covid-19.

Kronologinya, pada 4 Februari, Fu mulai demam dan batuk. Dua hari kemudian, Li juga mulai menunjukkan gejala yang sama.

Pada 7 Februari, CT scan menunjukkan jika ada infeksi di paru-paru. Kemudian, pada 13 Februari, mereka dirawat di rumah sakit karena ada gejala virus corona.

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya

Tak berselang lama, kasus mereka telah dikonfirmasi positif virus corona. Saat tiba di rumah sakit untuk isolasi, kondis Fu lebih parah daripada Li.

“Melihat suami, saya menjadi lebih baik. Dia ada di sebelah saya setiap hari membuat saya benar-benar tenang dan memberi harapan hidup untuk saya,” ujar Fu.

Tim medis sengaja memberikan bangsal yang sama untuk Fu dan Li.

“Kami memang menempatkan mereka di bangsal yang sama, sehingga mereka dapat saling mendukung dan tidak merasa kesepian,” ungkap Dokter Yu.

10 hari sejak mereka masuk rumah sakit, Fu dan Li telah dipulangkan. Tak lupa, mereka tetap berpegangan tangan saat meninggalkan rumah sakit.

www.tribunnews.com