JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 di Jateng dan Jatim

Dok Dompet Dhuafa Hong Kong

HONGKONG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di Hong Kong, terutama dari kalangan Pekerja Migran Indonesia (PMI), menyalurkan bantuan pangan untuk masyarakat rentan terdampak wabah Covid-19 di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Bantuan tersebut disalurkan melalui Dompet Dhuafa Hong Kong, pada Selasa (21/4/2020).
“Di tengah sibuk dan lelahnya bekerja di negeri orang, alhamdulillah para sahabat migran tetap menyisihkan gajinya untuk berdonasi kepada masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19. Kami fasilitasi bantuan tersebut ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong, Muhammad Imam Baihaqi melalui pesan singkat dan dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Di Jawa Tengah, penyaluran bantuan pangan dilakukan sejak 13 April, lewat tim Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Bantuan pangan didistribusikan, di antaranya di Semarang, Purwokerto dan Solo. Total bantuan yang diberikan senilai Rp 20 juta.

Baca Juga :  Sudah Hampir 2 Pekan, Menag Fachrul Razi Masih Dirawat di RS Karena Covid-19

Kelompok masyarakat yang dibantu, di antaranya masyarakat dhuafa terdampak wabah, driver ojek online, pedagang kaki lima sepi pembeli, sopir angkot, buruh yang dirumahkan, serta difabel yang tidak punya alternatif pilihan pekerjaan dan usaha.

Di Jawa Timur, bantuan pangan berupa paket sembako didistribusikan sejak 9 April. Di antaranya, dilakukan di Surabaya dan Madiun. Penyaluran bantuan dilakukan oleh tim Dompet Dhuafa Jawa Timur.
Sebagaimana Jawa Tengah, bantuan yang disalurkan ke Jawa Timur juga senilai Rp 20 juta.

Baca Juga :  Hampir 8 Bulan Tak Ada Kabar, ICW: KPK Tertutup Soal Perburuan Harun Masiku

“Beragam ekspresi sebagai ucapan syukur dan terima kasih disampaikan masyarakat penerima bantuan. Beribu-ribu terima kasih mereka ucapkan kepada donatur yang telah membantu merngankan beban hidup mereka yang sangat berat,” ujar Imam.
Kami masih membuka kesempatan bagi warga indonesia dan PMI di Hong Kong yang ingin membantu saudara-saudara kita di Tanah Air,” tambah Muhammad Imam Baihaqi.

Sebagaimana diketahui, Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial.
Selama 26 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. suhamdani