JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Stok Darah PMI Sukoharjo Menipis, Akhirnya Langkah Ini yang Diambil

Donor darah di Mapolres Wonogiri

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Untuk memenuhi kebutuhan cadangan darah yang semakin menipis, pihak PMI Sukoharjo menggelar donor darah secara sukarela yang disampaikan kepada intansi-instansi di lingkungan Kabupaten Sukoharjo.


Melansir laman resmi Pemkab Sukoharjo, Kamis (16/4/2020), menyikapi hal ini Kodim 0726/Sukoharjo melalui para anggotanya berpartisipasi mendatangi kantor PMI Sukoharjo melaksanakan donor darah sukarela. 

Baca Juga :  Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Melampaui Angka 600, Pasien Meninggal Bertambah Satu Orang


Hal ini sesuai amanat UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009 dan PP Nomor 7 tahun 2011 tentang pelayanan darah. Serta rekomendasi WHO bahwa darah transfusi yang aman dan berkualitas berasal dari donor sukarela.


”Ada beberapa kendala mengenai kebutuhan stok darah di Sukoharjo selama wabah corona ini. Dimana membuat penjadwalan donor darah dibatalkan oleh para pemohon / penyelenggara. Namun meskipun dengan adanya wabah corona, kebutuhan darah merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus terpenuhi,” kata Musrifah perwakilan PMI Sukoharjo. Aria