JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Unisri Sediakan Beasiswa dari Bank Indonesia

Ilustrasi / tempo.co

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para pelajar yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020, tidak perlu patah semangat.

Pasalnya, selain masih punya peluang masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), para siswa juga masih bisa kuliah di perguruan tinggi swasta, di program studi atau fakultas yang diminati.

“Jadi, tidak diterima dalam seleksi SNMPTN itu bukan berarti akhir dari segalanya. Masih banyak perguruan tinggi yang bisa dijadikan tempat untuk menuntut ilmu,” kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Dr Sutoyo, Rabu (8/4/2020).

Seperti diketahui, Rabu (8/4/2020), Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN) mengumumkan hasil seleksi SNMPTN.

Pengumuman pukul 13.00 WIB itu tentu saja sudah ditunggu ribuan siswa di Indonesia yang sudah mendaftar. Banyak yang diterima namun lebih banyak yang tidak.

Selanjutnya, Tim Pelaksana LTMPTN membuka seleksi SBMPTN. Bagi para siswa yang masih ingin kuliah di perguruan tinggi negeri bisa mengikuti seleksi, setelah dinyatakan lulus dari SMA.

“Kemungkinan besar, aku langsung mendaftar di perguruan tinggi swasta,” kata Nathanael Timur, salah seorang siswa.

Lebih lanjut Sutoyo mengatakan, dalam perkembangannya kualitas perguruan tinggi swasta banyak yang sama dengan perguruan tinggi negeri.

Dengan sistem akreditasi yang diberlakukan pemerintah, perguruan tinggi swasta harus meningkatkan kualitas jika ingin bersaing dengan perguruan tinggi negeri dan diburu para calon mahasiswa baru.

“Dengan kepercayaan dari Bank Indonesia yang memberi beasiswa para mahasiswa, ini membuktikan bahwa kualitas Unisri tidak jauh dibanding dengan perguruan tinggi negeri. Sebab, selama ini beasiswa dari Bank Indonesia hanya diberikan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi negeri,” jelasnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Selain beasiswa dari Bank Indonesia, lanjut Sutoyo, para mahasiswa yang kuliah di Unisri juga punya kesempatan mendapatkan beasiswa bidikmisi sepertihalnya di perguruan tinggi negeri, yang kuotanya terus bertambah.

Beasiswa lain yang disiapkan bagi calon mahasiswa baru lainnya adalah BPMKM, serta PPA dan BBM. Di samping itu, seluruh mahasiswa yang kuliah juga diasuransikan.

“Jadi kalau mau kuliah itu jangan asal kuliah, cari perguruan tinggi yang baik, berkualitas, dan dapat dipercaya,” kata Sutoyo sambil menginformasikan bahwa Unisri masuk 100 besar terbaik PTN/PTS di Indonesia. suhamdani

Baca Juga :  Ilmu Komunikasi UMS Berhasil Mendapat Akreditasi A, Akan Membuka Konsentrasi Peminatan Sesuai Kebutuhan Pasar