JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Banjir Terjang Tirtomoyo Wonogiri, Akses Jalan Sempat Terputus Kendaraan Terendam. Diduga Ini Pemicunya

Tangkapan layar video banjir Tirtomoyo Wonogiri Instagram/ics-infocegatansolo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Banjir menerjang Desa Tirtomoyo Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri, Senin (11/5/2020). Diduga banjir dipicu sampah yang memenuhi aliran sungai kecil yang bermuara di daerah aliran sungai Wiroko menuju Waduk Gajah Mungkur tersebut.

Informasi yang dihimpun banjir terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Sebelumnya turun hujan deras dengan durasi lama di wilayah Kabupaten Wonogiri termasuk Tirtomoyo dan sekitarnya.

Baca Juga :  Sah Lur, Pilkada atau Pilbup Wonogiri 2020 Diikuti 2 Paslon, Yakni Joko Sutopo-Setyo Sukarno alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo atau Harjo, KPU Sudah Menetapkan

Banjir menerjang di sekitar jembatan Gondang sebelah timur pasar Tirtomoyo. Sejumlah kendaraan terhenti lantaran air yang cukup tinggi. Beberapa kendaraan bahkan sempat terendam banjir. 

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto menyebutkan limpahan air hujan tidak bisa tertampung di aliran sungai kecil di tengah Kota Kecamatan Tirtomoyo. Akibatnya aliran meluap hingga sempat menutup jalan penghubung antara kecamatan.

Baca Juga :  12 Warga Kecamatan Karangtengah Wonogiri Terjaring Razia Masker, Akhirnya Hal ini yang Dilakukan Tim Gabungan

Video: Instagram/ics_infocegatansolo

“Tapi tidak lama,sekitar 5 menit sudah surut,” beber dia.

Dia menyebutkan, banjir diduga dipicu sampah yang menyumbat aliran sungai kecil tersebut. Sehingga ketika ada limpasan air tidak tertampung di sungai dan meluber ke jalan dan sekitarnya.

“Ini masih kami lakukan pendataan. Ada berapa rumah atau bangunan terdampak maupun kerugian,” sebut dia. Aria