JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

DMI Imbau Masjid Yang Usai Digunakan Salad Id Segera Disemprot Disinfektan

Umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri berjemaah di sebuah masjid di Cengkareng, Jakarta, Minggu (24/5/2020). Warga tetap mengikuti salat Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi Covid-19 / tempo.co
Umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri berjemaah di sebuah masjid di Cengkareng, Jakarta, Minggu (24/5/2020). Warga tetap mengikuti salat Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi Covid-19 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Sesuai dengan protokol kesehatan, para pengurus masjid di ibukota, yang menggelar salat Idul Fitri berjamaah diimbau untuk langsung menyemprot rumah ibadah tersebut dengan cairan disinfektan.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Makmun Al Ayubbi.

“Kami imbau untuk segera menyemprot dengan disinfektan agar lebih aman jika nanti akan digunakan,” kata Makmun saat dihubungi, Minggu (24/5/2020).

Baca Juga :  KPK Bakal Ungkap Nama Lain di Kasus Joko Tjandra dan Jaksa Pinangki

Ia meminta warga bersabar untuk tidak menggunakan masjid atau musalah untuk ibadah salat berjamaah. Larangan menggunakan masjid sementara waktu ini, kata dia, bertujuan untuk mencegah penularan virus corona.

Menurut Makmun, sebagian besar warga bisa memahami seruan untuk tidak menggelar salat berjamaah baik salat wajib maupun sunah seperti salat Idul Fitri.

Namun, sebagian lagi memang ada yang belum paham bahwa kebijakan ini untuk melindungi umat dari potensi terpapar Covid-19.

Baca Juga :  Dino Patti Djalal Akhirnya Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Kalau pandemi ini telah berakhir juga kami akan serukan agar semua umat memakmurkan masjid. Sekarang yang utama menghindari penularan,” ujarnya.

Makmun mengatakan, beribadah di masjid maupun di rumah dengan kondisi seperti saat ini, sama baiknya.

“Pahalanya tidak akan berkurang. Kami berharap warga bisa mematuhi seruan ini agar wabah corona cepat berakhir,” ujarnya.

www.tempo.co