JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ekonom: Kesiapan Pemerintah Hadapi Covid-19 Lebih Baik Ketimbang Saat Krisis 98

   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengungkapkan, sistem perbankan dan keuangan di tanah air lebih siap dalam menghadapi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini dibandingkan saat krisis 1998.

Piter Abdullah mengatakan, pemerintah dan lembaga terkait, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), telah sangat cepat mengantisipasi kondisi ini.

Bahkan, tidak sampai satu bulan sejak ditemukannya kasus positif Covid-19 pertama di dalam negeri, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan.

Baca Juga :  Ini 4 Aspek yang Menunjukkan Politisasi Bansos oleh Jokowi Menurut Tim Hukum Ganjar-Mahfud

“Pemerintah mengeluarkan kebijakan fiskal, kemudian BI dan OJK dari sisi moneter. Inilah yang menurut saya yang sangat membedakan dengan 1998,” tegas Piter dalam webinar bersama OJK dan Bisnis Indonesia, Jumat (15/5/2020).

Piter juga mengapresiasi langkah pemerintah untuk menerbitkan Perppu untuk penanganan wabah dan dampak dari Covid-19 terhadap ekonomi.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Secara kelembagaan, dia melihat infrastruktur ekonomi Indonesia saat ini sudah lebih lengkap dibandingkan pada krisis 1998.

“Indonesia saat ini telah memiliki OJK dan LPS,” kata dia.

Adapun OJK sendiri telah menyiapkan skema restrukturisasi kredit sehingga dunia usaha yang terdampak bisa bertahan. Karena itu Piter optimistis kondisi ini dapat ditangani dengan baik.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com