JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Program Trisula yang Diandalkan Pemerintah untuk Tangani Covid-19

Muhadjir Effendy / tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah telah menetapkan untuk menggunakan program Trisula guna menangani Covid-19 berikut dampaknya bagi masyarakat.

Demikian ditegaskan oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Sebagaimana senjata trisula yang bermata tiga, program Trisula ini pun memiliki tiga sektor. Sektor pertama adalah kesehatan.

Sektor itu, menurut Muhadjir berkaitan dengan pencegahan meluasnya penularan, memperkecil penyebaran dan mempercepat penyelesaian Covid-19.

Penanggung jawab sektor ini adalah BNPB dan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :  AHY Bermanufer untuk Mendekat ke Kabinet, Pengamat: Langkah Sia-sia

“Untuk sektor ini, kita anggap sekarang sudah berada dalam rel yang benar dan itu sudah terlihat dengan kasus Covid-19 cenderung menurun,” ujar Muhadjir dalam konferensi pers online, Jumat (8/5/2020).

Sektor kedua, adalah jaring pengaman sosial. Menurut Muhadjir, sektor itu menjadi perhatian khusus untuk saat ini. Pasalnya, penyaluran bantuan sosial belum maksimal.

“Sementara, jaring pengaman sosial ini untuk mengatasi darurat sosial kemasyarakatan sebagai dampak dari Covid-19. Penanggungjawabnya Mensos dan Mendes PDTT,” ujarnya.

Baca Juga :  Tewas di Pinggir Jalan Tol, Editor Metro TV Diduga Dibunuh

Sektor ketiga, adalah ketahanan ekonomi. Di sektor ini, kata Muhadjir, pemerintah mengupayakan perekonomian tetap bertahan menghadapi pukulan Covid-19.

Menurut dia,  kondisi ekonomi Indonesia saat ini ibarat mengalami hibernasi seperti beruang di kutub utara.

“Hibernasi ekonomi ini seperti beruang kutub masuk ke musim dingin. Jadi, harus tidur, menghemat energi, memperlambat detak jantung dan menurunkan serendah mungkin panas tubuhnya supaya bisa bertahan hidup dan bangkit lagi setelah musim dingin berlalu,” ujar Muhadjir.

www.tempo.co