JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisah Miris Kehidupan Jokowi di Kedawung Sragen. Setahun Terbaring Lemah Digerogoti Penyakit, Mau Berobat Tak Punya Biaya, KK Pun Sampai Digadaikan Cari Pinjaman Rentenir Untuk Makan..

Kondisi warga Celep, Kedawung, Sragen bernama Joko Widodo alias Jokowi yang setahun didera penyakit paru-paru dan belum tersentuh penanganan saat kemarin dievakuasi warga ke RSUD Sragen. Foto/Wardoyo
ย ย ย 
Kondisi warga Celep, Kedawung, Sragen bernama Joko Widodo alias Jokowi yang setahun didera penyakit paru-paru dan belum tersentuh penanganan saat kemarin dievakuasi warga ke RSUD Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kisah miris warga miskin mencuat di Desa Celep, Kecamatan Kedawung, Sragen. Seorang pria muda bernama sama dengan Presiden RI, Joko Widodo (38) hidup dalam kondisi sangat memprihatinkan.

Bapak dua anak asal Dukuh Tanjung RT 8, Desa Celep, Kedawung itu dalam kondisi terbaring lemah hampir satu tahun terakhir.

Kondisi ekonominya yang tak lagi bisa bekerja, membuatnya harus memendam niat untuk bisa mendapatkan pengobatan. Selama hampir setahun terakhir terpaksa hanya bisa menahan sakit dan terbaring lemah.

Bantuan fasilitas pengobatan pemerintah juga dilaporkan tak pernah ia terima. Sampai akhirnya fakta kondisi mirisnya mencuat Sabtu (16/5/2020) siang tadi ketika pria yang sebelumnya bekerja sebagai kernet itu dievakuasi oleh tetangganya ke RSUD Sragen.

“Ini tadi baru kami antar pakai ambulans PDS ke RSUD Sragen. Sakitnya paru-paru, kondisinya memprihatinkan karena sudah setahun sakit dan kelihatannya belum ada perhatian dari pemerintah. Tadi tahunya dia sambat sudah nggak kuat dan minta dibawa ke RSUD,” papar Suyadi, salah satu tetangganya, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Ia menuturkan kondisi keluarga Jokowi termasuk tidak mampu. Sang istri hanya bekerja mburuh dan anaknya dua.

Alih-alih membiayai pengobatan suaminya, untuk makan mereka terkadang diberi oleh tetangganya.

Senada, tetangga lain yang juga ikut mengantar, Sutarwo (45) warga Tanjung, menyampaikan saking minusnya, KK milik Jokowi terpaksa harus digadaikan untuk mencari pinjaman rentenir atau bang thithil.

“Utangannya untuk makan, kasihan Mas melihat kondisinya. Tadi cerita KK (Kartu Keluarga) saja sampai digadaikan untuk utang bank thitil,” terangnya.

Sejumlah warga mengevakuasi pria bernama Joko Widodo alias Jokowi asal Celep, Kedawung, Sragen yang kondisinya memprihatinkan dan setahun didera penyakit paru-paru, Sabtu (16/5/2020). Foto/Wardoyo

Sutarwo menuturkan Jokowi pernah diusulkan mendapat Saraswati sekitar dua tahun lalu. Namun hingga kini tidak kunjung ada respon dari pihak terkait.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Ia menguraikan yang bersangkutan sebelumnya pernah menjadi kernet bus. Namun perlahan kondisi tubuhnya yang mengidap paru-paru mulai rapuh.

Seiring kondisi penyakitnya yang mengerogoti, kekuatannya untuk bekerja kemudian menurun. Sampai akhirnya setahun lalu, Jokowi mulai memburuk dan berhenti dari kerjaan.

“Istrinya hanya kerja mbungkusi roti. Saya sebenarnya juga kasihan. Kemarin sempat dapat bantuan sembako dari kecamatan. Kami mau membawa berobat, keluarga takut nggak punya biaya. Tadi waktu kami tengok di rumahnya, sudah nggak bisa bangun. Duduk nggak bisa,” tuturnya.

Sutarwo menambahkan selama ini, Jokowi memang menjadi tulang punggung keluarga. Semenjak kondisinya drop, ekonomi keluarga juga terguncang.

“Istrinya kerja mburuh bungkusi roti itu juga sakit-sakitan. Mesakne Mas,” katanya lagi.

Setelah dibawa ke RSUD Sragen, Jokowi langsung mendapat penanganan. Namun keluarga hingga kini masih bingung dengan biayanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com