JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menengok Pesona Kebun Buah SMKN 1 Kedawung Sragen Yang Serba Super. Panen Raya Kelengkeng Satu Pohon Berbuah Sampai 30 Kg, Srikaya Hingga Durian Super Besar, Langsung Petik Sendiri!

Kelengkeng Super Itoh yang buahnya sangat lebat dan daging buahnya tebal. Foto/Wardoyo
Kelengkeng Super Itoh yang buahnya sangat lebat dan daging buahnya tebal. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM -SMKN 1 Kedawung Sragen diam-diam menyimpan pesona wisata kebun buah yang menakjubkan.

Sekolah yang pernah dinobatkan menjadi sekolah dengan areal terluas di Asia Tenggara ini memiliki potensi wisata berupa kebun buah yang serba super.

Beragam jenis buah ditanam di kebun buah yang diberi nama Taman Agri Jaya (TAJ) SMKN 1 Kedawung. Ada kelengkeng, jambu kristal, buah naga, srikaya hingga durian.

Menariknya semua jenis buah yang ditanam di kebun tersebut memiliki keistimewaan baik dari segi varian, ukuran buah maupun tanaman.

“Ini namanya kelengkeng Super Itoh. Bibitnya hasil budidaya sendiri dari Pak Darman (salah satu guru bidang agronomi). Ada sekitar 300 pohon kelengkeng yang ditanam di kebun ini. Tapi hebatnya 300 kelengkeng itu dibuat berbuahnya beruntun. Tidak berbarengan. Jadi nanti bisa panen terus,” ujar Lubis Isa, pengawas SMK yang kebetulan sedang singgah di kebun tersebut kemarin.

Baca Juga :  Muncul Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sragen. CD asal Sidoharjo Tulari 3 Orang, 3 Orang Juga Positif Tertular dari Mendiang Ustadz Habib MA

Selain masa berbuah yang bisa diatur, kelebihan kelengkeng Super Itoh itu adalah produktivitas buahnya yang sangat tinggi.

Kelengkeng Super Itoh di Kebun TAJ SMK Kedawung Sragen yang saat ini sedang panen raya. Foto/Wardoyo

Satu pohon, bisa menghasilkan total 30 kg kelengkeng dalam satu musim buah. Kelebihan lainnya, daging buah kelengkeng ini cukup tebal dengan ukuran buah yang lebih besar dari kelengkeng pada umumnya.

“Tapi ya itu, pupuknya harus pakai pupuk khusus ramuan dari sini juga. Kalau nggak pakai itu, nggak bisa berbuah. Karena kelengkeng itu memang istimewa,” tuturnya.

Sementara, Sudarman, guru agronomi yang menggawangi unit produksi kebun buah, menuturkan selain kelengkeng, durian yang ditanam di kebun buah TAJ juga punya kelebihan.

“Satu pohon kemarin ada yang berbuah 16 biji. Sampai dahannya itu nggak kuat menahan karena banyaknya buah,” tukasnya.

Baca Juga :  Awas, 3 Pasien Baru Positif Covid-19 Sragen Belum Terlacak Sumber Penularnya. Berikut Daftar 4 Tambahan Pasien Positif Tanggal 18 September!
Jambu kristal super. Foto/Wardoyo

Salah satu assisten di SMKN 1 Kedawung, Sri Rahayu, menyampaikan kebun buah itu menjadi salah satu unit produksi di SMKN 1 Kedawung. Biasanya, jika memasuki panen raya seperti ini, pembeli atau bakul sudah pada berdatangan membeli untuk dijual lagi.

“Kami harganya menyesuaikan. Biasanya pada datang sendiri dan petik sendiri, untuk kelengkeng satu kilogram Rp 35.000,” tukasnya.

Srikaya Super. Foto/Wardoyo

Salah satu pengunjung, Mbak Ndari asal Kedawung mengaku senang dengan keberadaan kebun buah dan kualitas buah yang dihasilkan di kebun buah TAJ SMK Kedawung Sragen.

“Buahnya super-super. Saya paling suka Srikayanya sangat manis dan besar. Jambunya juga. Nggak salah memang dan cocok juga untuk berwisata. Karena sini pemandangannya juga bagus untuk selfie-selfie sekaligus belanja buah segar petik buah sendiri,” tandasnya. Wardoyo