loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anggota Komisi III DPR RI dari fraksi Nasdem, Eva Yuliana memantau sejumlah posko penyekatan atau check point pemudik di Kota Solo, Jumat (22/05/20) siang. Anggota DPR RI Dapil 5 Jateng itu didampingi Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai.

Dari pantauan lokasi pengecekan di Pos Tugu Makutho, Eva mengecek kesiapan personel sekaligus memeriksa peralatan. Dia juga berbincang serta memberikan arahan terkait pelaksanaan petugas penyekatan, pemeriksaan, pendataan untuk pencegahan pemudik masuk wilayah Kota Bengawan.

“Kegiatan masa reses pertama saya ingin mengunjungi pos pengamanan pemudik. Ada beberapa pospam yang dikunjungi di Solo, dan berlanjut di wilayah lain seperti Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali,” kata Eva kepada wartawan.

“Saya ingin memastikan pelarangan mudik benar benar diterapkan. Karena seperti informasi dari Pak Kapolresta, jika ada beberapa pemudik yang nekat akhirnya diputar balik,” tambah dia.

Meski pemerintah pusat sudah menerapkan kebijakan larangan mudik, namun Eva berharap para petugas tetap waspada. Terlebih menjelang lebaran jumlah masyarakat yang nekat mudik semakin banyak.

“Tetap waspada dan selalu menjalankan tugas dengan maksimal. Melihat segala kemungkinan yang ada. Kalau memang plat nomor bukan AD (Soloraya) dan itu pemudik ya harus kembali ke tempat asal,” ujarnya.

Sementara Andy Rifai menegaskan pihaknya terus berupaya menghalau para pemudik yang hendak masuk ke wilayah Kota Bengawan. Langkah itu sebagai tindakan konkret untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19.

“Karena kalau warga dari zona merah kembali ke kampung halaman dan ternyata terpapar, akhirnya semua kena. Makanya kita cegah dengan upaya penyekatan pemudik ini,” tegas Andy. Prabowo