JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

PPDB Online Kota Solo, Gunakan VPN Server Diklaim Aman dari Peretas

Ilustrasi PPDB
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Server program penerimaan peserta didik baru (PPDB) online Kota Solo dijamin aman dari peretas. Pasalnya, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Solo menggunakan virtual private network (VPN) sebagai media pengaman data dasar.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Infrastruktur Diskominfo SP Kota Solo, Taufan Redina, data PPDB berhubungan dengan data Dispendukcapil dan sudah memakai VPN.

“Sehingga data yang tersimpan diamankan dengan jalur khusus. Dengan menggunakan VPN ini tidak ada peretas yang mampu menyerang laman resmi PPDB,” paparnya, Jumat (29/5/2020).

Baca Juga :  Siang Ini Muhammadiyah Gelar Resepsi Milad ke 108 secara Virtual. Tetap Khidmat dan Meriah Berlangsung dari Edutorium UMS

Sementara itu, proses PPDB online jenjang SD dan SMP di Kota Solo tidak menggunakan daftar ulang. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan di tengah pandemi Corona saat ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Etty Retnowati mengatakan, sesuai kebijakan penerapan protokol kesehatan pandemi Corona, maka harus menghindari kerumunan. Hal itu diberlakukan juga pada PPDB tahun ini dimana pengumpulan berkas ke sekolah ditiadakan dan peniadaan daftar ulang.

Baca Juga :  Ikut Berduka Meninggalnya Ricky Yacobi, Warga Pasoepati Gelar Aksi Belasungkawa di Jalan Slamet Riyadi Solo

“Sama sekali tidak ada pengumpulan berkas ke sekolah. Pengumpulan berkas dilakukan dengan cara discan. Kemudian sebagai pengganti dari daftar ulang, nanti diminta mengisi formulir yang sudah ada di akun masing-masing,” terangnya.

Selain itu, calon siswa dari luar kota juga tidak perlu mengirimkan berkas ke sekolah tujuan seperti tahun lalu. Mereka hanya perlu mengirimkan scan berkas sebagai syarat PPDB. Prihatsari