JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Masih Banyak yang Salah, Ini Tips Pakai dan Cuci Masker Kain dari BPOM

Ilustrasi seorang wanita memakai masker. Pexels
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JOGLOSEMARNEWS.COM – Guna mencegah penularan virus corona, sejak April 2020 lalu pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Sayangnya hingga kini, masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menggunakan masker. Agar tidak mengulang kekeliruan yang sama, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui buku pedoman ‘Serba Covid: Cegah Covid-19 Sehat untuk Semua’ pun membagikan petunjuk pemakaian masker yang benar.

1. Bersihkan tangan
Hal pertama yang sering dilupakan masyarakat adalah membersihkan tangan sebelum menggunakan masker. Padahal, tangan adalah sumber bakteri dan virus sehingga menggunakan masker dalam keadaan jari yang kotor bisa menempelkan mikroorganisme di sana. Jadi baiknya, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer berbasis alkohol sebelum memasang masker.

Baca Juga :  Berkumur Air Garam Bisa Redam Covid-19? Ini Fakta Ilmiahnya

2. Masker harus menutupi mulut dan hidung
Tak jarang kita menemukan masyarakat di jalan yang masih salah menggunakan masker. Misalnya, bagian hidung terbuka atau mulut yang tertutup setengah saja. Padahal cara benar untuk melindungi diri secara penuh lewat masker adalah dengan itu menutup hidung dan mulut tanpa ada celah antara wajah dan masker.

3.Jangan sering menyentuh masker
Saat akan bepergian ke luar rumah, alangkah baiknya jika Anda sudah mengepaskan masker yang digunakan. Sebab masker yang longgar membuat kita tidak nyaman dan hasilnya akan sering menyentuh masker. Padahal dengan menyentuh masker, bakteri pun bisa ditransfer ke tangan. Untuk itu, jika terpaksa memegang, usahakan langsung cuci tangan atau gunakan hand sanitizer berbasis alkohol.

4. Membuka masker dari belakang
Usai bepergian dan kembali ke rumah, Anda tentu akan membuka masker. Disarankan agar itu dilakukan lewat belakang atau dari tali pengikat masker. Hindari menyentuh bagian depan lantaran itu pasti sudah mengandung bakteri dan virus yang didapat dari orang sekeliling setelah beraktivitas seharian penuh.

Baca Juga :  Berkumur Air Garam Bisa Redam Covid-19? Ini Fakta Ilmiahnya

5. Setelah pakai, cuci masker
Setelah satu kali pemakaian, masker kain harus langsung dicuci dengan cara:
-Siapkan air, bila mungkin air panas dengan suhu 60-65 derajat celcius
-Tambahkan deterjen dan rendam masker beberapa saat
-Kucek masker hingga kotoran luruh
-Bilas di bawah air mengalir, hingga busa hilang
-Keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas
-Setrika dengan suhu panas agar bakteri dan virus mati
-Masker siap digunakan

www.tempo.co