JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Telur untuk Kesehatan Saat Puasa Ramadan

pexels.com
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Salah satu makanan andalan saat puasa Ramadan adalah telur. Selain murah, bahan makanan terbilang praktis dan gampang cara memasaknya.

Banyak makanan yang membutuhkan telur sebagai pelengkap. Mulai dari nasi goreng, kue, tumis sayuran, dan jenis makanan lainnya seringkali mencampurkan telur sebagai pelengkap rasa. Telur juga mengandung berbagai kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

Koordinator Satgas NU Peduli Covid-19, dr Makki Zamzami menyarankan agar umat Islam yang akan berpuasa di bulan Ramadhan nanti untuk mengonsumsi makanan berprotein hewani, khususnya saat sahur. Karena, menurut dia, potein hewani sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah situasi Covid-19.

Baca Juga :  Berkhasiat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Cara Mudah Mengolah Daun Kelor untuk Dikonsumsi di Masa Pandemi Corona

“Makanan protein itu bagus buat daya tahan tubuh, protein hewani terutama di tengah wabah seperti ini ya. Dari telur itu juga bagus, itu protein hewani,” kata dr Makki beberapa waktu lalu.

Apa saja manfaat telur untuk tubuh? Simak penjelasan lengkapnya seperti dilansir Pinkvilla.

Kaya protein
Dalam menjalankan program diet, menambahkan asupan protein yang cukup sangatlah penting. Satu telur mengandung sekitar enam gram protein. Selain itu, telur juga mengandung semua asam amino vital, yang membantu bekerja dengan protein dalam tubuh.

Telur mengandung antioksidan yang kuat seperti lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini berkumpul di retina mata. Telur juga kaya akan vitamin A. Untuk itu telur baik dikonsumsi untuk kesehatan mata, karena seperti diketahui bahwa kekurangan vitamin A merupakan penyebab kebutaan paling umum di dunia.

Baca Juga :  Berkhasiat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Cara Mudah Mengolah Daun Kelor untuk Dikonsumsi di Masa Pandemi Corona

Bagus untuk otak
Telur mengandung sebagian besar vitamin dan mineral yang tepat yang diperlukan otak untuk berfungsinya sel, memori, sistem saraf, dan metabolisme secara teratur. Karenanya demi menjaga kesehatan otak, konsumsilah telur.

Menurunkan risiko penyakit jantung
Kolesterol jahat berbahaya bagi kesehatan dan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Menurut beberapa sesuai penelitian disebutkan bahwa telur membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

www.republika.co.id