JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Situasi Covid-19 Belum Mereda, Kemenang Imbau Salat Idul Fitri di Rumah Saja. Minimal Dua Orang, Tidak Harus dengan Khutbah

Foto ilustrasi.
ย ย ย 
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat menjadi khotib Salat Idul Adha di Alun-alun Karanganyar, Rabu (22/8/2018). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kementrian Agamaย  Kabupaten Karanganyar mengimbauย  masyarakat untuk tetap menunaikan ibadah Salat Idul Fitri 1441 H di rumah masing-masing.

Situasi pandemi corona virus atau covid-19 yang belum reda dan situasi yang belum menentu menjadi alasan agar Salat Idul Fitri tidak digelar di tanah lapang atau masjid.

Penegasan itu disampaikan Kepalaย Kemenagย Karanganyar, Wiharso menyampaikan. Ia mengatakan di tengah pandemi corona ini, pihaknya menganjurkan Salatย Idulย Fitriย digelar beserta keluarga inti di rumah.

Pihaknya tidak merekomendasi menggelar Salat Idul Fitri di tempat umum.

“Karena kondisi belum menentu.ย Salatย Idulย Fitriย bersama keluarga. Itu boleh dilakukan, dua rakaat dan menurut ketentuan tidak harus dengan khutbah Idul Fitri,” paparnya kepada wartawan kemarin.

Wiharso mengungkapkan ramadhan tahun ini, di tengah pandemi corona memang berbeda dengan ramadhan tahun sebelumnya.

Adaanya kebijakan pembatasan sosial dan fisik dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, memang membuat pelaksanaan ibadah juga disesuaikan.

Untuk Salat Idul Fitri, masyarakat diharapkan dapat menggelar di rumah bersama keluarga inti sehingga dapat meningkatkan kebersamaan di lingkup keluarga.

“Saya lebih bisa mengawasi anak-anak. Selama ini disibukan dengan pekerjaan. Jadi lebih banyak waktu dengan keluarga, seperti salat, tadarus dan buka. Yang jelas dari segi ekonomi tidak banyak pengeluaran. Kalau tahun lalu sudah disibukan dengan pergi ke mall, beli baju baru,” ungkapnya.

Sementara, Bupatiย Karanganyar, Juliyatmono saat peringatan Nuzulul Quran menyampaikan penyelenggaraanย Salat Idul Fitri khususnya diย Karanganyar masih akan menunggu kepastian hingga H-3.

“Insyaallah ada kepastian dari Pemkab saat H-3 ,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com