JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Terapkan Program Ronda From Home. Begini Penjelasannya

Bupati Wonogiri Joko Sutopo
Bupati Wonogiri Joko Sutopo


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkab Wonogiri telah meniadakan ronda yang berkumpul di poskamling hingga larut malam. Sebagai gantinya warga diminta menerapkan program ronda from home.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan, ronda from home lebih menjaga imun dan keamanan masing-masing. Pasalnya berbasis penjagaan keamanan dari rumah masing-masing. 
“Untuk menjaga keamanan, ronda bisa dilakukan di rumah, catat nomor polsek setempat. Seluruh Polsek di 25 kecamatan dibantu Koramil mengadakan patroli di setiap malamnya untuk menjaga keamanan,” kata Bupati, Senin (11/5/2020).

Baca Juga :  Barusaja Masuk Zona Oranye, Kasus Covid-19 Langsung Meledak Lagi Tambah 24 Warga Positif Hari Ini. Tersebar di 12 Kecamatan, Total Kasus Meroket Jadi 511, Warga Meninggal Sudah 68

Untuk menjalin komunikasi dan bertukar informasi antar warga, imbuh Bupati Wonogiri, disarankan agar memanfaatkan media sosial misalnya membuat grup WA. Sehingga ketika keadaan darurat informasi bisa disampaikan melalui grup WA. 

“Kalau terjadi sesuatu langsung saja pukul kentongan. Sehingga informasi yang diterima warga lain lebih cepat lewat kode darurat yang sudah merupakan budaya itu. Ingat pula jangan mudah percaya dengan isu-isu keamanan yang belum jelas kebenarannya,” beber dia. 

Baca Juga :  Geger Penampakan Ular Sanca Raksasa di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Masuk Rumah Warga Akhirnya Sukses Dievakuasi Personil Damkar Wonogiri

Sebelumnya diwartakan, Pemkab meniadakan ronda hingga larut malam. Pasalnya justru terjadi kerumunan massa dan berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Aria