JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

383 Calhaj Wonogiri Gagal Naik Haji, Dana yang Sudah Disetorkan Bisa Ditarik Kembali

Ilustrasi ibadah haji, pixabay
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi umrah, pixabay

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ratusan calon jamaah haji (calhaj) Wonogiri gagal naik haji tahun ini. Sementara uang yang sudah disetor bisa ditarik kembali.

Informasi yang dihimpun dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, tahun ini ada 383 calhaj asal Wonogiri yang akan menunaikan ibadah haji. Selain itu ada 31 orang calhaj yang masuk dalam cadangan.

Lantaran adanya pandemi Corona, pemerintah menyatakan ibadah haji tahun ini ditunda. Jemaah haji yang tidak bisa berangkat dipersilakan untuk menarik kembali uang yang telah disetor untuk pelunasan biaya keberangkatan.

Baca Juga :  Miris Oknum Guru PNS Giriwoyo Wonogiri Justru Berdoa Minta Wilayahnya Terpapar COVID-19

“Mereka akan diberangkatkan di 2021. Yang antrean selanjutnya otomatis menyesuaikan,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri Cahyo Sukmana melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Wonogiri Wahid Arbani, Jumat (5/6/2020).

Baca Juga :  Kabar Duka dari Pracimantoro, Pasien Positif Corona Asal Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Meninggal Dunia

Calhaj yang tidak bisa berangkat itu, jelas dia, bisa mengambil uang pelunasan yang telah dibayarkan.

Menurut dia, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 494 ibadah haji di tahun ini dilaksanakan pada tahun depan. Hal demikian sudah diinformasikan kepada seluruh jamaah haji. Pihaknya berencana mengundang perwakilan para calon jemaah haji dari 25 kecamatan untuk menyampaikan hal itu. Aria