JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Arpusda Surakarta Gelar Lomba Menulis Surat untuk Walikota

Kepala Dinas Arpusda dan Panitia tengah audiensi dengan tim juri lomba menulis surat untuk Walikota Surakarta / dok Panitia

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kantor Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan Daerah (Arpusda) Kota Surakarta menggelar lomba menulis surat cinta untuk Walikota Surakarta.

Lomba yang mengusung tema Semoga Corona Segera Sirna, Aku Sudah Rindu ke Sekolah itu diperuntukkan bagi siswa siswi SD dan SMP yang terdaftar di wilayah Kota Surakarta.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta, Dra Sis Ismiyati, MM mengatakan, lomba tersebut digelar untuk merangsang para siswa agar gemar menulis.

“Apalagi di tengah pandemi, di mana anak-anak lebih banyak di rumah. Ini akan menjadi media yang baik untuk belajar menulis dalam suasana menyenangkan,” ujar Sis Ismiyati dalam audiensi, Rabu (24/6/2020) siang.

Secara teknis, surat merupakan hasil karya orisinil, belum pernah dipublikasikan di media apapun termasuk media sosial (Medsos), dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis.

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Simulasi Penilaian Tengah Semester Secara Daring

Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu buah surat, di mana itu bisa mewakili sekolah atau mewakili diri sendiri.

Surat ditulis tangan di atas kertas folio bergaris, berisi aspirasi, gagasan, harapan mengenai perilaku dan kegiatan yang mesti dilakukan agar virus Corona tidak menular.

Isi surat tidak mengandung SARA, ujaran kebencian maupun kata-kata kasar serta konten lain yang memicu konflik.

“Bentuk dan teknik penulisan surat harus sesuai dengan tata penulisan surat, seperti mencantumkan lokasi, tanggal surat, salam pembuka, salam penutup, tanda tangan pengirim, nama jelas pengirim, kelas, dan asal sekolah pengirim,” ujar Anas Syahirul, salah satu dari tim juri.

Surat yang dikirim, dimasukkan ke dalam amplop cokelat yang dibuat rangkap tiga, di mana satu naskah asli dan dua naskah lainnya fotokopi.

Baca Juga :  Nayla Rebut Juara Pertama Lomba Tiktok Unisri

Pada bagian luar amplop ditulis: SURAT CINTA UNTUK PAK WALIKOTA. Surat dikirim disertai biodata penulis, nama, alamat, tempat tanggal lahir, alamat,kelas, asal sekolah dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Masing-masing jenjang dalam lomba tersebut akan diambil Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2 dan 3. Juara 1-3 pada masing-masing jenjang akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan yang ditandatangani Walikota Surakarta.

Sedangkan Harapan pada masing-masing jenjang juga mendapatkan piagam penghargaan. Sedangkan Juara 1-3 dari masing-masing jenjang pendidikan akan diundang untuk membacakan surat secara langsung di hadapan Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo pada saat penerimaan hadiah.

Bertindak selaku juri dalam lomba tersebut, Anas Syahirul (Ketua PWI Kota Surakarta), Handindawan selaku praktisi dan dosen serta Hamdani MW, seorang jurnalis dan penulis. suhamdani