JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Catat, PPDB Online di Kendal Dibuka Mulai 22 Juni 2020

website https://kendal.siap-ppdb.com
   

KENDAL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi virus corona (covid-19) telah mengubah segalanya. Saat ini pandemi covid-19 masih menjadi ancaman di tengah kehidupan masyarakat. Di tengah kondisi tersebut, pencegahan penularan covid-19 masih harus terus diupayakan. Kondisi tersebut berpengaruh pada salah satu bidang yakni pendidikan. Proses pendaftaran Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 terpaksa harus digelar secara daring karena pandemi covid-19.

PPDB untuk TK, SD, dan SMP tahun ajaran baru 2020/2021 di Kabupaten Kendal diarahkan dengan sistem daring sehingga tidak ada kontak antara guru dan orangtua serta siswa. Walaupun tergolong baru, metode verifikasi kelengkapan dokumen secara daring diyakini dapat terlaksana dengan baik. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal memastikan PPDB bakal dibuka dimulai Senin 22 Juni mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir 26 Juni pukul 09.00 WIB.

Dengan digelarnya PPDB dilakukan secara daring (online) sehingga orangtua dan siswa diharapkan segera menyiapkan sejumlah dokumen yang perlu diunggah saat pendaftaran. Pendaftaran bisa dilakukan secara online oleh siapapun. Sedangkan untuk kuota siswa-siswi untuk SMP negeri di Kabupaten Kendal sebanyak 8.864 peserta didik yang tersebar di 50 sekolah. Pendaftaran secara daring juga berlaku untuk sekolah swasta di tengah pandemi virus korona yang jumlahnya 58 SMP swasta.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, kepada wartawan menyampaikan, tahun ini jumlah lulusan dari sekolah dasar di Kabupaten Kendal tercatat sebanyak 13.249 anak-anak.

“Untuk tahun ajaran Kuota untuk murid baru sebanyak 8.864 orang yang tersebar di 50 SMP negeri,’’ jelas dia Kamis (18/6/2020)

Lebih lanjut, Wahyumenjelaskan, dengan sistem online, orangtua tidak perlu mengantre datang ke sekolah untuk mendaftarkan putra-putrinya. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website https://kendal.siap-ppdb.com baik menggunakan ponsel, laptop, maupun komputer. Pengumuman hasil seleksi sekolah negeri pada 27 Juni 2020 dan daftar ulang 29 Juni – 2 Juli mendatang.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

“Penerimaan siswa-siswi SMP negeri masih menggunakan empat jalur yakni jalur zonasi 50 persen, jalur prestasi 30 persen, afirmasi atau dari warga kurang mampu 15 persen, dan perpindahan tugas orangtua lima persen,” jelas dia,

“Tahun ini ada peningkatan untuk jalur prestasi dari tahun sebelumnya,’’ sambung dia.

Untuk diketahui, PPDB online merupakan sistem yang dirancang untuk mengelola pendaftaran siswa baru jenjang TK, SD, SMP, SMK, dan SMA mulai dari proses daftar, seleksi, hingga pengumuman hasil dilakukan secara daring. Karena harus dilakukan secara daring, tak sedikit beberapa orang tua siswa yang mengeluh karena merasa kebingungan terkait prosedur pendaftaran.

Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan pendaftaran sekolah atau PPDB 2020 dilaksanakan secara daring di tengah pandemi covid-19. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com