JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Fakultas Pertanian Unisri Gelar Joint Class Internasional

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Salah satu sumbangsih lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi terlihat ketika para dosen aktif melakukan riset dan mempublikasikan hasil riset di kancah internasional melalui jurnal internasional.

Demikian pernyataan Dekan Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Dr. Dewi Ratna Nurhayati, MP, Kamis (4/6/2020) siang di ruang kerjanya.

“Kami selalu mendorong dan memotivasi para rekan dosen pertanian agar aktif melakukan penelitian di bidang pertanian. Hasil penelitian yang bisa diterapkan untuk membantu pemerintah dan petani mengembangkan budi daya pertanian guna mendukung Indonesia menjadi negara agraris yang kuat dan mandiri, ” paparnya.

Baca Juga :  Ilmu Komunikasi UMS Berhasil Mendapat Akreditasi A, Akan Membuka Konsentrasi Peminatan Sesuai Kebutuhan Pasar

Selanjutnya, Dewi Ratna Nurhayati, berharap hasil riset bisa disebar luaskan lewat publikasi jurnal internasional.

“Menembus jurnal internasional membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan tersendiri. Untuk itu kami besok Sabtu (6/6/2020) akan menggelar joint online class international dengan Universiti PendidikanSultan Idris (UPSI) Malaysia,” ungkapnya.

Acara yang mengusung tema How to Publish High Impact Agricultural Journal itu menampilkan narasumber Prof. Dr. M. Nor Azhari Azman dan Dr. Salisu Monsuru Adekunle.

“Kami berharap bisa belajar bersama via google meet agar hasil riset dosen pertanian Unisri bisa menembus jurnal internasional,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Himadi Unisri Gelar Webinar, Hadirkan Wirausahawan Milenial

Peserta joint class internasional tidak hanya berasal dari kalangan dosen Unisri saja, melainkan juga para dosen pertanian yang lain.

“Kami juga mengajak rekan di luar pertanian di Indonesia. Tercatat jumlah yang mendaftar sudah di atas 100 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, bahkan ada yang dari Maluku,” ujar Dewi.

Agenda joint class international merupakan awal dari MOA (Memorandum of Action) antara Unisri dan Universitas Sultan Idris Malaysia, sekaligus juga rangkaian kegiatan Lustrum ke 8 atau dies natalis Unisri yang ke-40. Kegiatan akan dibuka oleh Rektor, Prof. Dr. Sutardi, M.AppSc. suhamdani