JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gugus Tugas Akui Tak Pernah Tahu Kapan Puncak Kurva Covid-19 Akan Terjadi

Ilustrasi virus corona atau Covid-19 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 menyatakan tidak akan membahas kapan puncak kurva kasus Covid-19 akan terjadi di Indonesia.

Pasalnya, sejauh ini tidak ada yang tahu kapan puncak kasus Cobid-19 itu akan terjadi. Demikian dikatakan Ketua Dewan Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Wiku Adisasmito.

“Kami tak akan melanjutkan bahas puncak kasus. Karena di pandemi ini, kami tak pernah tahu apakah akan ada 1 atau 2 atau bahkan lebih, puncak kasus,” ujar Wiku dalam press briefing, Kamis (4/6/2020).

Baca Juga :  Khawatir Jadi Klaster Penularan Covid-19, PP Muhammadiyah Imbau KPU Tunda Pilkada

Hal itu, menurut Wiku, terjadi lantaran Indonesia merupakan kepulauan yang memiliki kondisi geografis berbeda-beda. 

Wiku memahami banyak orang yang memaknai puncak pandemi sebagai suatu titik tertingi. Setelah puncak, orang akan berharap kasus akan menurun secara berkala secara nasional.

“Sayangnya hal ini tak selalu terjadi. Ini tak sepenuhnya benar,” kata Wiku.

Baca Juga :  Korban Pemerasan dan Pelecehan Seksual di Bandara Soekarno-Hatta Tak Kunjung Buat Laporan, Polisi akan Jemput Bola ke Bali: Supaya Terang Benderang

Ia mengatakan potensi gelombang kedua tentunya selalu terbuka, jika Indonesia tak disiplin. Lonjakan jumlah kasus bisa saja kembali terjadi secara signifikan jika ini terjadi.

Karena itu, ia enggan membahas lebih lanjut soal prediksi puncak pandemi ini di Indonesia.

 “Kami lebih memilih membahas tren kasusnya yang bisa dimonitor secara berkala. Dan datanya bisa dibuka oleh masyarakat luas secara bebas,” kata Wiku.

www.tempo.co