JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

FKUB Wonogiri Sumbang Darah di PMI, Begini Tujuannya

Aksi donor darah FKUB Wonogiri. Dok. PMI Wonogiri
Aksi donor darah FKUB Wonogiri. Dok. PMI Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Wonogiri dan sejumlah elemen lintas lima agama mendonorkan darahnya di UDD PMI Wonogiri, Rabu (24/6/2020).

Ketua FKUB Wonogiri Sutopo Broto saat dikonfirmasi wartawan mengatakan balai donor darah ini bukan yang pertama. Sebelumnya sering dilaksanakan donor darah, tapi masih sektoral secara sendiri-sendiri oleh masing-masing organisasi keagamaan.

Menurut dia, kegiatan ini menindaklanjuti surat dari FKUB Provinsi Jateng yang mengacu dari surat Gubernur Jateng. FKUB Jateng mengimbau supaya FKUB di tingkat kabupaten mengadakan donor darah bersama-sama selama bulan Juni.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

“FKUB Wonogiri lantas menghubungi organisasi-organisasi umat lintas agama. Hasilnya, lebih dari 100 pendonor mengikuti kegiatan donor darah tersebut,” kata dia.

Selain menggelar donor darah lintas agama, kata Subroto, FKUB Wonogiri juga melaksanakan beberapa kegiatan lain. Antara lain menyosialisasikan mengenai peraturan bersama Menteri Agama dan Mendagri melalui berbagai macam forum. FKUB dapat memberikan rekomendasi pendirian tempat ibadah.

Baca Juga :  Miris, 20 Warga Kecamatan Batuwarno Wonogiri Terjaring Razia Karena Kedapatan Tidak Memakai Masker, Langsung Diberikan Sanksi ini

Dia berharap, kegiatan serupa ke depan dapat lebih disempurnakan. Donor darah lintas agama rencananya diadakan secara rutin tiga bulan sekali. Dia menyebut bahwa tujuan utama donor darah adalah untuk mencukupi kebutuhan darah di Wonogiri. Aria