JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ngerem Mendadak di Tanjakan, Truk Penuh Muatan Kayu Karet yang Disopiri Warga Karanganyar ini Melorot dan Terbalik di Grobogan

Petugas Satlantas Polres Grobogan dibantu warga mengevakuasi truk beserta muatan kayu karet yang berserakan di ruas Jalan Raya Purwodadi-Pati KM 8 di wilayah Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan, Jumat (12/6/2020) pagi sekitar pukul 04.30 WIB. Foto : Istimewa

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Truk tujuan Pati dengan nomor polisi H 1577 HB mengangkut kayu karet terbalik, di KM 8 Jalan Raya Purwodadi- Pati Jumat (12/6/2020). Truk dari arah Kota Purwodadi yang dikemudikan oleh Darto (30) warga Kelurahan Gedong, Kabupaten Karanganyar ini terbalik saat berupaya menghindari kecelakaan.

Insiden kecelakaan ini murni kecelakaan tunggal. Tidak ada korban jiwa akibat insiden ini, sopir dan kernet yang diketahui bernama Triono hanya mengalami luka ringan. Namun muatan kayu karet berserakan memenuhi ruas jalan akibat badan truk terbalik.

Data yang dihimpun menyebutkan, peristiwa kecelakaan ini terjadi di wilayah Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan sekitar pukul 04.30 WIB. Kecelakaan berawal saat pengemudi truk berupaya mendahului truk bermuatan pasir melaju lambat.

Baca Juga :  Gubug Serut, Wisata Alam Alternatif di Semarang

Nahas, tak terduga dari lawan arah melaju truk triler. Melihat kondisi tersebut, pengemudi berupaya mengerem laju truk. Tak terduga, akibat kondisi jalan yang menanjak, laju truk tak terkendali dengan beban muatan berat, truk itu justru melorot hingga akhirnya truk terbalik. Akibatnya muatan kayu karet tumpah berserakan memenuhi ruas jalan.

Kepala Satlantas Polres Grobogan, Ajun Komisaris Polisi Muchamad Yogi Prawira melalui Kanit Laka Satlantas Polres Grobogan Iptu Candra Bayu Septi saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya insiden kecelakaan tersebut. Ia memastikan tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut.

Pengemudi dan kernet truk mengalami luka ringan. Ia juga mengungkapkan, kecelakaan ini murni kecelakaan tunggal. Menurut keterangan pengemudi, kecelakaan ini akibat truk melorot saat pengemudi berupaya melakukan pengereman di lajur tanjakan.

Baca Juga :  Gerakan 14 Hari Serempak Memakai Masker Berkumandang di Pati

“Truk terbalik setelah melorot saat melakukan pengereman di lajur tanjakan. Pengemudi truk tidak mampu mengendalikan dan berakibat truk terbalik,” terang dia.

Iptu Candra menambahkan, tidak lama setelah terjadinya insiden kecelakaan itu, sejumlah warga beserta para pengendara yang melintas langsung memberikan pertolongan.

“Meski truk kondisinya terbalik, beruntung pengemudi dan kernet truk mengalami luka ringan,” terang dia.

“Petugas telah mengevakuasi badan truk. Bersama warga, barang muatan berupa kayu karet juga langsung dibersihkan,” imbuh dia. Satria Utama