JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Olahraga di Luar Rumah Saat New Normal, Selain Pakai Masker Jangan Lupa Topi dan Hand Sanitizer

Ilustrasi lari pagi. pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat new normal atau normal baru, masyarakat bisa kembali berolahraga di luar rumah. Meski begitu bagi anda uang ingin berolahraga di luar rumah harus tetap mematuhi protokol kesehatan, agar terhindar dari paparan virus corona.

Dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi, Siti Chandra Wijayantie, mengatakan ketika berolahraga dil luar rumah harus membawa hand sanitizer, sabun cair, atau air untuk cuci tangan, tergantung aksesnya yang paling mudah.

Ia juga menyarakankan memakai masker dan penutup rambut entah itu topi atau bandana.

“Walaupun rambut tidak menjadi media penularan tapi refleks kita biasanya tangan garuk dan pegang rambut, nah tangan ini yang kemudian tak sengaja mengucek mata, pegang hidung atau mulut,” ucap Siti dalam Live Instagram Latihan Pernapasan dan Strategi Tetap Bugar di Era New Normal, Selasa, 23 Juni 2020.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Topi juga perlu disemprot sanitizer untuk memastikan tidak ada yang terkontaminasi di permukaannya.

Baca: Tak Punya Waktu, Efektifkah Olahraga Lima Menit Per Sesi?

Olahraga di outdoor maupun indoor itu bisa dilakukan asalkan menerapkan physical distancing, jadi jangan olahraga malah bergerombol, tetap harus dilakukan berbaris dengan mengambil jeda,” kata dia.

Namun, jika harus memilih indoor atau outdoor, Siti mengatakan outdoor lebih baik karena ada sinar matahari sebagai sumber vitamin D. Vitamin ini diperlukan untuk perlu untuk daya tahan saluran napas, menjaga otot tulang dan sendi.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Hal yang perlu diperhatikan menurut Siti, menjadi sehat bugar itu tidak hanya soal olahraga, tapi keseluruhan mulai dari istirahat harus cukup, kendali stres, kendali makan, aktivitas, dan menjaga semua protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Kemudian pola hidupnya diperbaiki dengan cara olahraga rutin. Selain mengendalikan makan, kalau memang sudah ada sakit ya dikendalikan sakitnya. Kontrol ke dokter untuk mengatasi masalah tersebut,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com