JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Persiapkan Diri Hadapi New Normal, Ini Barang-barang yang Wajib Dibawa Saat Keluar Rumah!

Ilustrasi seorang ibu memakaikan masker anaknya. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi Covid-19 belum berakhir dan tidak diketahui secara pasti kapan akan selesai. Masyarakat kini diminta untuk berlatih membiasakan diri dengan normal baru atau new normal.

Konsep ini adalah yang dianjurkan oleh pemerintah, yaitu berdamai dengan corona. Artinya, masyarakat tetap dapat menjalani aktivitas, jika memang harus, dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Ketentuan kesehatan ini menjadi penting, terutama yang menyangkut kebersihan diri dan sekitar.

Beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan adalah rutinitas baru yang harus dijalani oleh masyarakat, oleh karena itulah disebut sebagai normal baru atau new normal.

Saat menjalani aktivitas di luar rumah, warga harus tetap sadar bahwa menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menggunakan masker penting untuk tetap dilakukan agar tak tertular virus corona.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Tribunjogja.com melansir dari Instagram Humas Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta, ada sembilan starter pack atau barang-barang yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas selama new normal, yaitu:

1. Pakai masker dan siapkan cadangannya. Siapkan juga kantong untuk masker habis pakai
2. Penyanitasi tangan (hand sanitizer), disinfektan semprot, dan sabun cair
3. Tisu basah dan kering
4. Alat makan dan botol minum pribadi
5. Perlengkapan ibadah
6. Totebag
7. Suplemen atau multivitamin
8. Helm (bagi pengendara ojek)
9. Jaket/outer

Melalui unggahan tersebut Pemerintah Daerah DIY mengimbau, “Sedulur, sebagai langkah preventif pencegahan penyebaran COVID-19, kita harus tetap menerapkan disiplin diri dengan menaati protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan mencuci tangan. Di sisi lain, sebaiknya sedulur juga selalu membawa berbagai perlengkapan jika terpaksa ke luar rumah untuk sesuatu yang sangat penting dan mendesak.”

Jangan menganggap bahwa dengan membawa hal-hal di atas lantas jadi ‘sok bersih.’ Perlu disadari bahwa esensi dari protokol adalah untuk menjaga diri dan orang sekitar, yaitu jangan sampai kita tertular dan menularkan.

Dengan begitu, rantai penyebaran pandemi virus corona bisa dihentikan. Bawalah hal-hal penting di atas ketika Anda beraktivitas di luar rumah.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com