JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Persiapkan Diri Hadapi New Normal, Ini Barang-barang yang Wajib Dibawa Saat Keluar Rumah!

Ilustrasi seorang ibu memakaikan masker anaknya. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi Covid-19 belum berakhir dan tidak diketahui secara pasti kapan akan selesai. Masyarakat kini diminta untuk berlatih membiasakan diri dengan normal baru atau new normal.

Konsep ini adalah yang dianjurkan oleh pemerintah, yaitu berdamai dengan corona. Artinya, masyarakat tetap dapat menjalani aktivitas, jika memang harus, dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Ketentuan kesehatan ini menjadi penting, terutama yang menyangkut kebersihan diri dan sekitar.

Beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan adalah rutinitas baru yang harus dijalani oleh masyarakat, oleh karena itulah disebut sebagai normal baru atau new normal.

Saat menjalani aktivitas di luar rumah, warga harus tetap sadar bahwa menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menggunakan masker penting untuk tetap dilakukan agar tak tertular virus corona.

Tribunjogja.com melansir dari Instagram Humas Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta, ada sembilan starter pack atau barang-barang yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas selama new normal, yaitu:

1. Pakai masker dan siapkan cadangannya. Siapkan juga kantong untuk masker habis pakai
2. Penyanitasi tangan (hand sanitizer), disinfektan semprot, dan sabun cair
3. Tisu basah dan kering
4. Alat makan dan botol minum pribadi
5. Perlengkapan ibadah
6. Totebag
7. Suplemen atau multivitamin
8. Helm (bagi pengendara ojek)
9. Jaket/outer

View this post on Instagram

Sedulur, sebagai langkah preventif pencegahan penyebaran COVID-19, kita harus tetap menerapkan disiplin diri dengan menaati protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan mencuci tangan. Di sisi lain, sebaiknya sedulur juga selalu membawa berbagai perlengkapan jika terpaksa ke luar rumah untuk sesuatu yang sangat penting dan mendesak. Berikut rinciannya: 1. Pakai masker dan siapkan cadangannya. Siapkan juga kantong untuk masker habis pakai 2. Penyanitasi tangan, disinfektan semprot, dan sabun cair 3. Tisu basah dan kering 4. Alat makan dan botol minum pribadi 5. Perlengkapan ibadah 6. Totebag 7. Suplemen atau multivitamin 8. Helm (bagi pengendara ojek) 9. Jaket/outer . Kami menyarankan sedulur untuk tetap berada #dirumahaja sampai situasi kembali kondusif. Semoga pandemi ini segera berlalu . Silakan tambahkan di kolom komentar apabila ada usulan mengenai perlengkapan yang juga perlu dibawa _______ #JogjaElinglanWaspada #JogjaBisa #Covid19

A post shared by Humas Pemda DIY (@humasjogja) on

Melalui unggahan tersebut Pemerintah Daerah DIY mengimbau, “Sedulur, sebagai langkah preventif pencegahan penyebaran COVID-19, kita harus tetap menerapkan disiplin diri dengan menaati protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan mencuci tangan. Di sisi lain, sebaiknya sedulur juga selalu membawa berbagai perlengkapan jika terpaksa ke luar rumah untuk sesuatu yang sangat penting dan mendesak.”

Jangan menganggap bahwa dengan membawa hal-hal di atas lantas jadi ‘sok bersih.’ Perlu disadari bahwa esensi dari protokol adalah untuk menjaga diri dan orang sekitar, yaitu jangan sampai kita tertular dan menularkan.

Dengan begitu, rantai penyebaran pandemi virus corona bisa dihentikan. Bawalah hal-hal penting di atas ketika Anda beraktivitas di luar rumah.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak.

www.tribunnews.com

Baca Juga :  Hasil Penelitian di Inggris Klaim Temukan Titik Kelemahan Virus SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19