JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Program Beasiswa Bank Indonesia Bagi Mahasiswa Unisri Diperpanjang

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Kerja Sama Dan Alumni Unisri, Dr Sutoyo / dok Humas Unisri Surakarta
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Kerja Sama Dan Alumni Unisri, Dr Sutoyo / dok Humas Unisri Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satu tahun berjalan, kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solountuk memperpanjang program beasiswa bagi mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Selain Unisri, di wilayah Soloraya ini hanya Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta yang mendapat beasiswa dari bank sentral tersebut.

Kouta bagi ke tiga perguruan tinggi tersebut sama, yakni masing-masing sebanyak 50 mahasiswa.

Demikian disampaikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Kerja Sama dan Alumni Unisri, Dr Sutoyo seperti dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Sutoyo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Bank Indonesia tersebut.

Penandatanganan kerja sama program beasiswa antara Bank Indonesia dengan Unisri, menurut dia, bakal dilakukan Kamis (18/6/2020).

Baca Juga :  Temuan Kemendikbud saat Validasi Nomor Ponsel Siswa untuk Calon Penerima Bantuan Kuota Internet: Satu Nomor Dipakai 100 Nama Siswa

“Ini sebuah kepercayaan, sebuah amanah. Kami berterima kasih dan akan menjaga kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya ,” kata Sutoyo, Selasa (16/6/2020).

Dalam penerimaan beasiswa itu, kata dia, Unisri hanya melakukan seleksi internal saja, untuk mengambil 200 mahasiswa dari berbagai fakultas yang mendaftar.

Dari 200 mahasiswa itu akan diseleksi lagi oleh Bank Indonesia dan hanya akan diambil 50 orang sebagai penerima. Beasiswa akan diberikan dalam satu tahun atau dua semester.

Dikatakan, bagi mahasiswa yang sudah menerima pada periode sebelumnya, maaih punya kesempatan sekali lagi untuk menerima beasiswa.

“Meski begitu, mahasiswa tersebut juga harus lolos seleksi pada periode berikutnya,” kata doktor lulusan UNS itu.

Baca Juga :  Tanding Tenis Meja SD Muh 1 Vs SD Muh 2 Solo, Cara Jalin Silaturahmi dan Persaudaraan Kedua Sekolah

Sutoyo mengatakan, masyarakat khususnya lulusan SMA/SMK/MA bisa memanfaatkan beasiswa dari Bank Indonesia tersebut dengan berkuliah di Unisri.

Selain beasiswa dari Bank Indonesia, Unisri juga menyediakan banyak beasiswa bagi mahasiswa. Seperti beasiswa bidikmisi, BPMKM, PPA, dan beasiswa lainnya.

Terkait penerimaan mahasiswa baru, kata Sutoyo, sudah banyak orang yang mendaftar, baik mendaftar secara langsung maupun online.

Pendaftaran gelombang pertama akan ditutup 25 Juli. Namun setelah itu, Unisri akan membuka lagi pendaftaran gelombang kedua, dengan besaran uang gedung yang berbeda.

“Untuk mahasiswa baru yang mendaftar di gelombang pertama hanya dikenakan uang gedung senilai Rp 4,5 juta,” pungkasnya. suhamdani