JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SDIT Nur Hidayah Surakarta Gelar Akhirusanah Virtual

Dok Humas SDIT Nur Hidayah Surakarta
Dok Humas SDIT Nur Hidayah Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ada yang berbeda dengan kegiatan Akhirusanah dan Pelepasan Siswa SDIT Nur Hidayah tahun ini.

Jika tahun-tahun sebelumnya acara tersebut dilaksanakan secara langsung dihadiri para siswa dan orang tua di sebuah gedung pertemuan.

Tetapi tahun ini pelaksanaannya dilakukan secara online atau virtual.

Acara Akhirusanah Siswa-Siswi Kelas VI Angkatan XVII Tahun Pelajaran 2019/2020 tersebut diselenggarakan di Nur Hidayah Convention Center (NHCC), Selasa (23/6/2020).

Para siswa dan orang tua mengikuti kegiatan dari rumah dengan menggunakan aplikasi ZoomMeeting, Youtube, dan Facebook yang disiapkan oleh panitia sekolah.

Hanya ada beberapa perwakilan siswa, orang tua, dan undangan yang diundang langsung ke Nur Hidayah Convention Centre (NHCC) Surakarta.

Waka Humas SDIT Nur Hidayah Surakarta,
Rahmat Hariyadi, S.Pd dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, ada sejumlah 146 siswa yang diwisuda secara online atau virtual.

Baca Juga :  UMS Kirim Tiga Tim Robotic dalam Kontes Robot Indonesia. Digelar secara Online, Tampilkan Robot Penyemprot Disinfektan dan Robot Tari Enggang

Hadir dalam kegiatan baik secara langsung maupun virtual itu, Ketua Yayasan Nur Hidayah Surakarta, Dr Wiranto, M.Kom., M.Cs., Pengawas Gugus 1 Slamet Riyadi Titik Sayekti, M.Pd., Ketua Komite Sekolah, Prof Dr Djatmiko, M.A. dan perwakilan pengurus POMG.

Dalam laporan pendidikannya, Kepala SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Waskito, S.Pd., menuturkan,

“Alhamdulillah, siswa-siswi Angkatan XVII dinyatakan lulus 100%. Meskipun tidak melalui Ujian Nasional, menyesuaikan kebijakan pemerintah menyikapi masa pandemi, tetapi sekolah sangat mengapresiasi kesungguhan kalian dalam belajar dan berlatih, ujar Kepala SDIT Nur Hidayah Surakarta, Waskito, S.Pd dalam laporannya.

Ia mencontohkan dalam hal pendidikan Al-Qur’an menggunakan Metode Littaqwa, para siswa berhasil lulus 100 persen.

Baca Juga :  Aku Pintar Kembangkan Aku Pintar Sekolah, Permudah Guru Melaporkan KBM secara Digitalisasi

Sementara capaian tahfidzul qur’an, sebanyak 97 persen siswa berhasil mencapai target hafalan minimal 2 juz. Bahkan ada beberapa siswa yang mampu mencapai hafalan 4 juz.

“Kita berharap dengan pelaksanaan secara virtual tidak mengurangi esensi dan khidmat dari acara akhirusanah ini,” ujar Ketua Panitia, Yuyun Yuningsih, S.Pd.

Menurut pantauannya, para siswa dan orang tua terpantau dari zoom mengikuti dari rumah masing-masing dengan antusias.

Pihaknya juga mengindahkan protokol kesehatan dalam menyelenggarakan kegiatan bagi undangan terbatas di NHCC.

“Kita sediakan tempat cuci tangan, sabun, tisu, hand sanitizer. Para undangan dan panitia kecil pun diminta untuk memakai masker, face cild, dan menata kursi duduk berjarak,” lanjutnya. suhamdani