JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sering Bertugas Urus Jenazah Pasien Covid-19, 26 Relawan PMI Hingga Banser Karanganyar Diswab Test. Begini Kesaksian Relawan Yang Memulasara Jenazah Pasien Covid-19 di Jaten

Swab test relawan pemulasara jenazah pasien covid-19 di Karanganyar, Kamis (4/6/2020). Foto/Wardoyo
Swab test relawan pemulasara jenazah pasien covid-19 di Karanganyar, Kamis (4/6/2020). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 26 orang relawan pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 yang terdiri dari BPBD Karanganyar, Senkom Mitra Polri, Relawan Sambernyawa, PMI Cabang Karanganyar, dan Banser, menjalani swab test, Kamis (4/6/2020).

Rapid test yang dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar digelar di kantor Balai Ruang Penyehatan Akibat Dampak Merokok.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM , satu persatu petugas mengambil spesimen lendir dari hidung dan tenggorokan serta sampel darah para sukarelawan yang bertugas memulasara jenazah selama pandemi Covid-19.

Seluruh spesimen itu akan dicek menggunakan polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi Covid-19.

Baca Juga :  Debut Baru Mengesankan, Kesebelasan Persika Karanganyar Sukses Beri Kemenangan Perdana Usai Libas PS Demak 2-0

Rauf Mustofa, anggota relawan Senkom Mitra Polri, mengaku baru pertama kali  mengikuti pengecekan medis untuk mendeteksi Covid-19 itu.

Ia mengaku terakhir kali memulasara jenazah di Kecamatan Jaten, beberapa waktu lalu. Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, setelah melaksanakan tugas ia biasanya langsung mengurangi aktivitas untuk bertemu dengan banyak orang.

“Saya bersyukur dapat melakukan swab test ini. Apalagi selama ini, kami selalu melaksanakan tugas pemulasaraan jenazah positif Covid-19. Dengan swab test ini, dapat mendeteksi dini  Covid-19,” paparnya usai test.

Baca Juga :  Motor Tertangkap Razia, Sejumlah Pemuda dan Remaja di Karanganyar Hancurkan Knalpot Brongnya di Hadapan Polisi Pakai Palu!

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Penunjang Medik dan Nonmedik RSUD Karanganyar, Katarina Iswati, menjelaskan, pengambilan sampel lendir pada hidung dan tenggorokan untuk mendeteksi Covid-19 itu dilakukan terhadap orang-orang yang berisiko tertular.

“Swab test kita lakukan, untuk memberikan rasa nyaman kepada para relawan yang selama ini bersinggungan langsung dengan orang yang meninggal dunia akibat Covid-19,” jelasnya.

Hasil swab test terhadap 26 relawan itu nantinya akan dikirim ke laboratorium RS UNS atau RSUD Moewardi Solo. Sedangkan hasilnya, menunggu pemeriksaan laboratorium. Wardoyo