JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Surat Pembaca: Sudahi Ketakutan Ini

Ilustrasi memakai masker saat pandemi virus corona. Pixabay

Pandemi Virus Corona atau COVID-19 menjadi kejadian terburuk yang dirasakan pada tahun 2020 ini. Keterpurukan yang diakibatkan tidak hanya menyerang aspek kesehatan dan ekonomi namun hampir seluruh aspek kehidupan. Kerugianpun tidak dapat dihindari.

Berbagai upaya telah dilakukan, akan tetapi kekuarangan masih ada dimana-mana. Saya sangat menyanyangkan sekali bahwa dalam praktiknya masih belum maksimal.

Salah satu kekurangan yang saya rasakan adalah di Kabupaten Wonogiri, upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah sudah sangat baik bahkan pada saat awal merebaknya virus ini. Akan tetapi keadaan menjadi tidak terkendali ketika orang-orang yang merantau di luar kota mulai pulang ke kampung dan tidak mengindahkan aturan yang diberlakukan.

Baca Juga :  Awas, Tim Penindakan Terbentuk, Warga Karanganyar Tak Boleh Lagi Sepelekan Prokes. Nekat Gelar Acara Kerumunan, Bupati Sebut Bisa Dibubarkan Paksa!

Padahal Kabupaten Wonogiri memiliki jumlah perantau lebih dari 3000 orang. Hal ini menimbulkan kegelisahan di masyarakat.

Di kecamatan saya sendiri, Paranggupito sempat ada geger dikarenakan seorang warga yang baru saja dibawa pulang dari Semarang dalam keadaan sakit. Beredar rumor bahwa ia terjangkit virus Corona. Namun sebelum orang tersebut di rawat di rumah sakit dan rumor tersebut meluas tetangga sekitar sempat menjenguknya sehingga kemudian satu desa tempat ia tinggal dikarantina selama 14 hari.

Namun kenyataannya setelah orang tersebut meninggal yang bahkan pemakamannya dilakukan sesuai dengan prosedur orang yang meninggal karena virus Corona, beberapa hari kemudian baru diketahui kebenarannya melalui surat hasil tes dari pihak rumah sakit yang menyatakan bahwa ia dinyatakan negatif dari virus Corona.

Baca Juga :  Astagfirullah, Jumlah Warga Karanganyar Meninggal Terkait Covid-19 Sudah Mencapai 80 Orang. Jumlah Kasus Positif Melonjak Jadi 414, Suspek 1.867

Berdasarkan salah satu pengalaman yang saya bagikan ini saya berharap masyarakat benar-benar mematuhi aturan yang telah dibuat sedemikian rupa untuk mencegah penyebaran virus Corona. Selain itu pemahaman mengenai virus ini harus dimiliki oleh setiap orang sehingga kejadian semacam ini tidak terulang kembali. Satu pesan lagi saya berharap kepada pemerintah supaya benar-benar tegas dalam menjalankan aturan yang ada sehingga kondisi bisa menjadi lebih baik.

Pengirim:
Dewi Mustikasari
Gudang, Gudangharjo, Paranggupito, Wonogiri