JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Gelar Wisuda Profesi Insinyur Secara Online

Prodi Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar wisuda insinyur untuk ketiga kalinya, Selasa (23/6/2020). Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM – Prodi Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar wisuda insinyur untuk ketiga kalinya, Selasa (23/6/2020). Upacara wisuda kali ini dilakukan secara online yang berpusat di Auditorium Moh. Djazman.

Wisuda ketiga ini mengangkat tema “Mengokohkan kompetensi dan Profesionalitas Insinyur di Bidang Keinsinyuran dalam Era Industri 4.0”. Sebanyak 18 insinyur yang diwisuda tersebut lulusan dari proses pendidikan di PPI UMS.

Ketua Prodi, Ir. Agus Dwi Anggono, M.Eng.,Ph.D., IPM. mengatakan wisuda kali ini cukup berbeda dengan periode sebelumnya. Karena saat ini ditengah pandemi Covid 19, maka wisuda dilaksanakan secara daring.

Baca Juga :  PAN dan Golkar Dukung Gibran, Tak Punya Teman Koalisi, PKS Solo: Nanti Pada Akhir-akhir Akan Kkita Berikan Kejutan

“Dari 18 wisudawan itu, 9 orang diwisuda secara luring (luar jaringan) dan 9 lainnya secara daring (dalam jaringan) atau online,” paparnya.

Hal istimewa dalam wisuda kali ini selaim dilaksanakan secara daring, juga karena Dekan Fakultas Teknik UMS, Ir. Sri Sunarjono, MT., Ph.D., IPM turut diwisuda. Bahkan dirinya mendapat predikat sebagai wisudawan terbaik pada periode ke tiga ini.

Ia lulus dengan nilai IPK 4.0. Sri Sunarjono melakukan penelitian mengenai busa aspal untuk mencampurkan aspal lebih ramah lingkungan. Sebelumnya ada hotmix aspal, lalu coldmix aspal dan warmix aspal pencampuran dengan ramah lingkungan.

Baca Juga :  Mantab! Polda Jawa Tengah Bekuk 368 Tersangka dari 323 Kasus dalam Operasi Sikat Candi 2020

“Sudah diaplikasikan sejak 2007 di Bandung dan sekarang teknologinya sudah dipakai di seluruh jalan di Indonesia,” katanya.

Rektor UMS Prof. Sofyan Anif, M.Si. turut berbangga kepada semua lulusan insinyur UMS. Dirinya berharap besar kepada wisudawan untuk ikut berkiprah dalam memberikan arah perubahan yang baik bidang pembangunan baik fisik maupun mental bangsa Indonesia.

“Insinyur sebagai agen perubahan menuju kemajuan dan pembangunan menuju masyarakat utama,” pungkas Rektor. Prihatsari