JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Unisri Surakarta Gelar Lomba Debat Mahasiswa

DEBAT MAHASISWA - Debat mahasiswa dalam mata kuliah umum di Unisri, Surakarta, Senin (29/6/2020) / dok Humas Unisri Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masa mahasiswa adalah masa ideal untuk menyalurkan idelisme yang dimiliki. Salah satu cara untuk mengasah idealisme mahasiswa adalah dengan penyelenggaraan debat.

Acara itulah yang digelar oleh pengelola mata kuliah umum (MKU) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Senin (29/6/2020).

“Acara debat berlangsung di ruang seminar lantai 3 kampus setempat,” jelas ketua pelaksana kegiatan, Bambang Hermoyo, SH MH, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Debat kali itu mengusung tema Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme dan Keslametriyadian. Debat diikkuti oleh mahasiswa yang terdiri dari 10 team, di mana masing-masing team terdiri dari tiga orang.

“Selain idealisme, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan menguatkan karakter mahasiswa melalui implementasi tentang nilai-nilai nasionalisme dan keslametriyadian,” paparnya.

Baca Juga :  Menteri Nadiem Minta Siswa dan Guru yang Belum Terima Bantuan Kuota Internet Segera Lapor Pimpinan

Untuk itu, Bambang Hermoyo berharap dapat membentuk karakter mahasiswa dan semangat nasionalisme sehingga mahasiswa mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Sementara itu, menurut Oktiana Handini. SPd., MPd., selaku Koordinator MKU,  kegiatan itu melalui proses yang panjang.

Semula, kegiatan tersebut akan dilakukan pada April, namun karena kondisi KLB,  maka pelaksanaan baru bisa dilaksanakan hari ini (29/6/2020).

Untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dari 5 matakuliah MKU (Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris,  Pancasila, Agama) agar bisa menguatkan karakter mahasiawa melalui kompetensi dalam hal komunikasi maka terselenggaranya lomba debat kali ini.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Rispantyo, Msi. Dalam sambutannya, Rispantyo sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Kemendikbud Buka Pendaftaran untuk Beasiswa Unggulan Jenjang Sarjana hingga Doktoral dan Non-gelar. Simak Persyaratannya

“Tentu saja apa yang kita alami saat ini menjadi pengalaman yang berharga bagi kita semua. Namun tidak menurunkan semangat kita dalam melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Rispyanto  berharap kegiatan itu bisa memberikan bekal kepada mahasiswa salah satunya softskill bagaimana menyikapi tentang peran Indonesia dan bagaimana menyikapi nilai-nilai keslametriyadian yang tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lain.

“Kami berharap di program kerja 2020/2021 kegiatan ini akan tetap dilaksanakan,” bebernya.

Dalam lomba debat tersebut, berhasil meraih Juara I Fakultas Pertanian, Juara II Fakultas Hukum dan Juara III disabet oleh fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (Fisipol). suhamdani