JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Walikota Semarang: Masyarakat Harus Dukung Pasien Covid-19 untuk Penguatan Mental Penderita

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambangi sejumlah penderita Covid-19 yang mrnjalani karantina di Rumah Isolasi Covid-19 Kota Semarang (Rumah Dinas Walikota), Minggu (7/6/2020). Foto : Dok. Humas Pemkot Semarang

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi Covid-19 menjelma teror bagi banyak orang sampai-sampai menimbulkan paranoia massal. Kondisi psikologis dan fisiologis terganggu akibat dibombardir berita tentang wabah ini. Untuk itu, pembangunan mental merupakan salah satu upaya penyembuhan pasien Covid-19 di Kota Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau yang biasa disapa Hendi, berpesan kepada warga untuk memberi support kepada penderita Covid-19 supaya kondisinya lekas membaik dan sembuh.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambangi sejumlah penderita Covid-19 yang dikarantina di Rumah Isolasi Covid-19 Kota Semarang (Rumah Dinas Walikota), Minggu (7/6/2020).

“Jauhi penyakitnya, tapi jangan jauhi orangnya,” kata Hendi, seperti keterangan tertulisnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota memberikan dukungan moril secara langsung. Adapun pembangunan mental sendiri memang menjadi salah satu bagian dari upaya penyembuhan pasien positif virus corona di Kota Semarang.

Tiba sekitar pukul sembilan pagi di Rumah Isolasi Covid-19 Kota Semarang dengan menggunakan alat pelindung diri, Hendi langsung menyapa para penderita Covid-19 yang sedang melakukan senam pagi di halaman. Kedatangannya seketika disambut tepuk tangan riuh para penderita Covid-19yang tidak mengira akan didatangi oleh orang nomor satu di kota lumpia tersebut.

Baca Juga :  Aksi Kamisan di Semarang Sempat Diwarnai Adu Mulut dan Nyaris Dibubarkan

Hendi pun berupaya memotivasi para penderita Covid-19yang sedang dikarantina, agar kemudian memiliki semangat untuk bisa sembuh.

Hendi menyebutkan, rasa bahagia yang ada dalam penderita Covid-19 menjadi salah satu faktor penting kesembuhan. Untuk itu dirinya juga meminta agar selalu tercipta situasi saling mendukung.

“Ibu bapak nggak usah khawatir karena di Semarang yang katanya pernah kena Covid dan sembuh sudah mencapai 292 orang. Yang penting ada semangat untuk sembuh, harus happy, harus seneng, supaya imunnya terus meningkat dan Covidnya berhasil dikalahkan,” katanya.

Tak hanya memberikan dukungan pada penderita Covid-19 di Rumah Isolasi, Hendi juga berkesempatan menyambangi Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto yang masih melakukan karantina mandiri, setelah sempat dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga :  52 Santri Positif Covid-19, Ponpes Nurul Hidayah Langsung Dilockdown. Tiga Jalan Masuk Diportal, Kapolres Terjun Beri Bantuan

Fajar sendiri hingga saat ini telah menjalani pemeriksaan swab hingga 5 kali, dan telah mendapatkan hasil negatif. Terkait hal itu, Hendi menyebut kesembuhan Fajar datang dari dukungan moril besar yang diberikan oleh lingkungan sekitar Kepala Satpol PP Kota Semarang itu.

Hendi pun berpesan kepada warga Kota Semarang, bila menemukan kondisi serupa di lingkungannya agar diberikan support agar kondisinya lekas membaik dan bisa dinyatakan sembuh.

“Alhamdulilah kondisi Pak Fajar baik dan sehat. sudah di-swab sampai 5 kali. Pertama positif, kedua negatif. Kita tunggu tiga, empat, lima Ini mudah-mudahan doa kita Mas Fajar negatif bisa sembuh.” ujar Hendi.

“Lingkunga sekitar sangat mendukung Pak Fajar, artinya disupport benar supaya Mas Mas Fajar ini sembuh. Jadi jauhi penyakitnya tapi jangan jauhi orangnya,” tegasnya. Satria Utama