JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

3 Terdakwa Penolak Jenazah Pasien Covid-19 Dijatuhi Vonis 4 Bulan Penjara, Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ungaran membacakan putusan ketiga terdakwa yakni Tri Atmojo Hanggono Purbosari, Bambang Sugeng Santoso, dan Sutiadi terbukti bersalah menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah di Pengadilan Negeri Ungaran, Senin (27/7/2020). Foto : Istimewa

UNGARAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ungaran menyatakan tiga terdakwa penolak jenazah pasien covid-19 terbukti bersalah. Ketiga terdakwa yakni Tri Atmojo Hanggono Purbosari, Bambang Sugeng Santoso, dan Sutiadi terbukti bersalah menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah.

Ketiganya divonis hukuman empat bulan penjara. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menginginkan terdakwa divonis tujuh bulan penjara.

Atas vonis tersebut, ketiga terdakwa menyatakan menerima atas putusan tersebut.

“Menjatuhkan pidana penjara masing-masing selama empat bulan penjara dan denda Rp 100.000 subsider, satu bulan kurungan. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menginginkan terdakwa divonis tujuh bulan penjara,” kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ungaran, Muhammad Ikhsan Fathoni, Senin (27/7/2020).

Baca Juga :  Terlalu, Sopir Penyedia Oksigen Nekat Maling 16 Tabung Oksigen di RSUD Muntilan. Kurang dari 24 Jam Langsung Diringkus Polisi

Dalam amar putusannya, Hakim Iksan mengungkapkan, ketiga terdakwa menerima putusan tersebut. “Masa penahanan para terdakwa juga dipotong masa tahanan yang telah dijalani,” ungkapnya.

Kuasa hukum terdakwa, Kusumandityo, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan klien setelah hakim membacakan putusan dan mereka menyatakan menerima putusan tersebut. Meski dalam sidang ada perbedaan pendapat mengenai arti kata menghalangi pemakaman.

Baca Juga :  HUT ke-50 Korpri, Ganjar Dorong ASN Terus Masifkan Inovasi dalam Sektor Pelayanan Masyarakat

“Dalam persidangan, menurut kami menghalangi itu dalam arti fisik. Tapi karena klien menyatakan menerima, kami tidak akan melakukan banding,” jelasnya.

Dia juga menyatakan kliennya sudah menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat atas kejadian di TPU Sewakul Ungaran. “Jadi klien kami tinggal menjalani hukuman selama 15 hari,” sambung Kusumandityo.

Diberitakan sebelumnya,  Tri Atmojo Hanggono Purbosari, Bambang Sugeng Santoso, dan Sutiadi yang kesemuanya warga Siwakul, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang ditangkap Polda Polda Jateng.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua