JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

30 Calon Anggota KPID Jateng Jalani Tes Tertulis

30 calon anggota KPID Jateng menjalani ujian tertulis di lantai 4 Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Rabu (15/7/2020). Humas Pemprov

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tahapan seleksi calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah memasuki babak baru. Sebanyak 30 calon anggota KPID Jateng menjalani ujian tertulis di lantai 4 Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Rabu (15/7/2020). Mereka akan bersaing untuk bisa menjadi anggota KPID Periode 2020-2023.

“Sebanyak 30 orang dari berbagai profesi mereka, sedang menyelesaikan tes tertulis. Pertanyaan-pertanyaan kaitannya dengan tugas yang akan mereka ampu nanti,” ujar Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPID Jateng Periode 2020-2023 KH Ahmad Darodji, sesaat setelah tes berlangsung seperti dilansir situs jatengprov.go.id.

Baca Juga :  Hantu Noni Belanda Gentayangan di Lantai 2 Gedung Kuning, Semarang

Dijelaskannya lebih detail, usai tes tertulis peserta akan melanjutkan mengikuti tes pembuatan makalah dengan judul yang akan ditentukan timsel saat hari pelaksanaan. Timsel menekankan adanya peraturan yang harus ditaati peserta, seperti tidak boleh membawa laptop, alat perekam, flashdisk dan sejenisnya. Kemudian nanti akan dilanjutkan dengan tes psikologi dan tahapan wawancara.

“Dari tes tersebut, nantinya akan ada peserta yang harus gugur. Baru pada Agustus 2020, tim seleksi akan meneruskan nama-nama calon komisioner kepada DPRD Jateng, untuk dipilih sebanyak tujuh orang yang nantinya menjadi anggota KPID Jateng,” terang dia.

Baca Juga :  Kekeringan Melanda Grobogan, 80 Desa Alami Kekurangan Air Bersih, Bantuan 1.431.000 liter Air Bersih Telah Disalurkan

Pihaknya akan melakukan seleksi dengan seobjektif mungkin supaya peserta yang terpilih benar-benar terbaik. Jalannya tes tertulis terpantau tertib dan lancar. Tim seleksi juga menyiapkan ruangan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti, penyediaan cairan pembersih tangan, pemberlakuan jaga jarak, ruangan dengan ventilasi memadai. Para peserta juga tertib mengenakan masker, serta ada pula yang dilengkapi faceshield.

Kepada peserta yang ikut seleksi, Darodji mengingatkan agar mereka melakukan ujian dengan jujur dan bersih.

“Lakukan dengan penuh kejujuran,” tegasnya. Satria Utama