JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dihantam Pandemi Covid-19, Bupati Temanggung Minta PT Gudang Garam Utamakan Beli Tembakau dari Petani

Bupati Temanggung Al Kahdziq saat menggelar pertemuan dengan Direktur Umum PT Gudang Garam Kediri, Susanto Kediri, Jawa Timur, belum lama ini. Istimewa

TEMANGGUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) para petani tembakau tetap menghidupi ladangnya. Pagebluk covid-19 dipastikan memengaruhi produksi dan penjualan rokok. Otomatis, jumlah pembelian tembakau di kalangan petani menurun. Akibatnya, kesejahteraan petani tembakau pun ikut terpukul.

Atas hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Temanggung berupaya keras melindungi para petani tembakau untuk meningkatkan kesejahteraan petani tembakau.

Bupati Temanggung Al Kahdziq meminta agar di tengah masa pandemi ini pabrik rokok membeli tembakau dari petani Temanggung dengan harga yang pantas, sesuai dengan kualitasnya yang tinggi.

“Saya urusannya tembakau Temanggung, hasil keringat petani Temanggung. Tadi kita sampaikan ke pihak direksi, dan disanggupi mereka akan mengutamakan tembakau petani Temanggung,” ujar Kahdziq usai bertemu dengan Direktur Umum PT Gudang Garam Kediri, Susanto Kediri, Jawa Timur, belum lama ini seperti dilansir situs jatengprov.go.id.

Baca Juga :  Limbah Medis Virus Corona Blora Telah Mencapai 369 Ton, Sama Dengan Volume Tahun 2019

Al Kahdziq juga berharap pihak PT Gudang Garam mengutamakan pembelian tembakau dari hasil petani Temanggung.

“Kita harus utamakan petani kita, kita harus hargai keringat petani kita. Jangan sampai sudah jatuh akibat Covid masih tertimpa tangga, kalah oleh tembakau luar daerah,” katanya.

Dikatakan Khadziq lebih lanjut, hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara petani tembakau Temanggung dengan PT Gudang Garam sudah berlangsung puluhan tahun, dan diharapkan dapat terus berlanjut, meski di tengah pandemi.

“Terima kasih tadi disampaikan mereka berkomitmen untuk menjaga hubungan baik dengan petani kita. Tidak akan mengambil keuntungan sesaat dengan memanfaatkan isu Covid, mereka lebih menjaga hubungan baik jangka panjang dengan kita,” ujarnya sesaat setelah pertemuan.

Baca Juga :  Duh Gusti, Naiknya Honda Brio, HR Warga Perum Puri Anjasmoro Semarang Ternyata Hobi Maling Celana Dalam Boxer di Sejumlah Indomaret. Tertangkap Saat Dikejar dan Ban Mobilnya Meletus

Pada kesempatan tersebut, Al Khadziq menyampaikan, Pemkab Temanggung siap memberikan bantuan dan asistensi agar proses pembelian tembakau di perwakilan Gudang Garam di Temanggung dapat berjalan lancar.

Bupati menawarkan jika diperlukan akan mengirimkan petugas medis dan Gugus Tugas Covid untuk membantu. Hal yang sama juga akan dilakukan ke perwakilan pabrikan lain jika memang diperlukan.

“Yang penting mekanisme pembelian harus diatur sedemikain rupa agar tetap aman Covid, tapi jangan sampai mengganggu penyerapan, apalagi sampai mengganggu harga, wah jangan sampai begitu,” katanya. Satria Utama