JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Elektabilitas Ganjar Menguat Sebagai Capres 2024, Hasto: Masih Panjang

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto bersiap meninggalkan gedung KPK / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Calon presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 2024 mendatang akan ditetapkan langsung oleh Megawati Soekarnoputri.

Demikian dikatakan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Hal itu dikatakan Hasto ketika ditanya ihwal unggulnya elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 menurut sejumlah sigi.

“Kongres telah menetapkan Ibu Ketua Umum nanti yang menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024 yang akan datang, masih panjang,” kata Hasto dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga :  Temuan Jerigen di Lantai 6 Kejaksaan Agung, Bareskrim: Itu Hanya Perlengkapan Kerja

Ia menyebut, ada tahapan tersendiri nantinya untuk memilih dan menetapkan calon presiden dalam Pilpres 2024.

Menurut Hasto, proses mencari pemimpin juga memerlukan kontemplasi dengan mendengarkan aspirasi rakyat. Survei, kata dia, hanya salah satu instrumen dari proses tersebut.

“Survei tiap saat bisa berubah dan itu menjadi alat, tetapi bagi kami bagaimana pilpres nantinya itu juga menjadi proses regenerasi kepemimpinan yang berjalan dengan baik yang disiapkan partai,” kata dia.

Maka dari itu, Hasto mengatakan, calon presiden-wakil presiden, calon anggota legislatif, hingga calon kepala daerah dari PDIP mesti menjalankan tugas dan kewajiban yang dari partai, khususnya dari Megawati.

Baca Juga :  Dinyatakan Bersalah Langgar Kode Etik, Ketua KPK Firli Bahuri Ditegur Secara Tertulis

Elektabilitas Ganjar Pranowo memang tercatat bertengger di posisi atas menurut sejumlah hasil survei. Dari sigi Indikator Politik Indonesia pada 13-16 Juli 2020 terhadap 1.200 responden, elektabilitas Ganjar berada di urutan pertama dengan angka 16,2 persen.

Adapun menurut survei Charta Politika terhadap 2.000 responden pada 6-12 Juli, elektabilitas Ganjar sebesar 15,9 persen. Di atasnya ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang elektabilitasnya sebesar 17,5 persen.

www.tempo.co