JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pandemi Covid-19, Harus Ada Siaran Tahapan Pilkada via Radio

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, Budi Setyo Purnomo, S.Sos, M.Kom, saat menjadi pembicara dalam dialog bertajuk “Sosialisasi Siaran Pilkada di Masa Pandemi” di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora bersama KPU dan Bawaslu Blora, Jumat (24/7/2020) kemarin. Istimewa

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) serentak tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Di tengah pandemi virus corona atau covid-19, seluruh tahapan Pilkada yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang mengedepankan disiplin protokol kesehatan.

Menurut Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, Budi Setyo Purnomo, S.Sos, M.Kom, media penyiaran mempunyai peran mendukung suksesnya penyelengaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak 9 Desember 2020.

Hal tersebut disampaikannya pada dialog bertajuk “Sosialisasi Siaran Pilkada di Masa Pandemi” di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora bersama KPU dan Bawaslu Blora, Jumat (24/7/2020) kemarin.

Baca Juga :  Edukasi Disiplin Protokol kesehatan Sasar Sopir Angkot Kota Semarang

“Dalam masa pandemi dengan segala pembatasan kegiatan maka optimalisasi siaran pilkada akan sangat membantu mengedukasi publik terkait pendidikan politik,” ujar dia.

Dengan demikian kata dia, radio diharapkan jangan mengambil langkah aman dengan tidak melakukan siaran pilkada sehingga jadi jauh dari sanksi.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blora Muhamad Khamdun mengatakan bahwa saat ini KPU sedang melakukan tahapan Coklit Pilkada dengan protokler kesehatan yang lengkap.

“Meskipun ada hambatan pandemi, KPU akan berupaya maksimal melaksaksanakan semua tahapan sesuai acuan PKPU nomer 5 dan 6 tahun 2020 demi suksesnya Pilkada,” terang dia.

Sementara itu Ketua Bawaslu Blora Lulus Mariyonan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk beperan serta aktif dalam pengawasan Pilkada 2020 agar tercipta pesta demokrasi yang ideal, aman, dan sesuai harapan dengan tetap menerapklan protokol kesehatan.

Baca Juga :  52 Santri Positif Covid-19, Ponpes Nurul Hidayah Langsung Dilockdown. Tiga Jalan Masuk Diportal, Kapolres Terjun Beri Bantuan

Menanggapi dialog itu, Direktur LPPL Radio Gagak Rimang Blora, Kasiyanto, mengucapkan terimakasih atas dipilihnya studio radio Gagak Rimang sebagai host dan penyelenggaraan acara yang disiarkan live streaming.

“Terimakasih kepada KPID Jawa Tengah, KPU dan Bawaslu Blora. Ini menjadi motivasi dan pemacu semangat bagi kami dalam ikut berperan mengedukasi dan mensosialiasikan masyarakat baik tahapan hingga pelaksanaan Pilkada di kabupaten Blora,” kata dia. Ahmad | Satria Utama