JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemerintah Pastikan Tidak Ada Seleksi CPNS hingga 2021

Peserta ujian SKD CPNS di auditorium UNS Solo. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan tidak akan ada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga 2021.

Kendati demikian, program sekolah kedinasan, seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer akan tetap berjalan di 2021.

“Rekrutmen CPNS untuk dua tahun ini tidak ada, kecuali kedinasan yang terprogram, seperti Akpol, Akmil, itu tetap jalan di 2021,” ujar Tjahjo Kumolo di Kompleks Gedung DPR MPR RI, Senin (6/7/2020), seperti dikutip Liputan6.com.

Meski penerimaan CPNS hingga 2021 ditiadakan, namun pemerintah tetap akan melanjutkan seleksi CPNS formasi 2019 tahun ini, yang pelaksanaannya sempat terhambat karena pandemi Corona.

Baca Juga :  Prabowo Hendak Borong Jet Tempur Bekas, Imparsial: Ulang Kesalahan Masa lalu

Jika tidak mengalami perubahan, rencananya penyelenggaraan tes akan dilanjutkan pada Agustus 2020 mendatang.

Diproyeksikan, kegiatan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tersebut bakal dilaksanakan hingga awal Oktober 2020.

Walau demikian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan hingga saat ini belum ada kepastian mengenai tanggal pelaksanaan SKB CPNS akan kembali digelar.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus untuk menyelesaikan proses tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sekolah kedinasan yang dilaksanakan sejak 1 Juli 2020.

Baca Juga :  Terpengaruh Video Porno yang Ditontonnya, Remaja Usia 15 Tahun Cabuli Adik Kandung Berkali-kali sampai Melahirkan

“Kalau tanggalnya sih belum. Kita sedang fokus untuk SKD Sekolah Kedinasan. Kalau sekadar ancar-ancar, pelaksanaan SKB sekitar akhir Agustus sampai awal Oktober,” jelas Paryono kepada Liputan6.com, Jumat (3/7/2020) pekan lalu.

Dalam pelaksanaan tes SKB CPNS, BKN sebelumnya berupaya agar dapat dilakukan secara langsung alias tidak melalui online. Sejalan dengan rencana tersebut, BKN akan memastikan protokol kesehatan dan keamanan di lapangan.