JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pemkab Bojonegoro Dukung Rencana Pembukaan Jalur Penerbangan Baru di Bandara Ngloram Blora

General Manager (GM) Lion Group, Ari Azhari datang ke Blora untuk meninjau langsung kondisi lapangan bersama tim dari Kementerian Perhubungan, Rabu siang (15/7/2020), kemarin. Foto: Istimewa
   

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur menyambut gembira rencana pembukaaan di Bandara Ngloram Cepu, Kabupaten Blora.
Hal itu ditegaskan Bupati Bojonegoro Dr. Hj. Anna Muawanah.

Pihaknya menegaskan memberikan dukungan penuhnya terhadap rencana pembukaan penerbangan melalui bandara baru yang terletak di wilayah Kabupaten Blora. Dukungan itu disampaikan langsung Bupati Bojonegoro kepada Bupati Blora, Djoko Nugroho belum lama ini.

“Kami dari Pemkab Bojonegoro mendukung penuh rencana pembukaan penerbangan di Bandara Ngloram. Adanya bandara yang dekat ini memang sudah lama kami impikan. Bojonegoro jika harus ke Surabaya melalui jalan darat memakan waktu 3 jam. Sedangkan ke Cepu mungkin hanya 30 menit, sehingga aksesnya lebih dekat,” ungkap Dr. Hj. Anna Muawanah.

Keberadaan Bandara Ngloram menurut Bupati Bojonegoro tidak hanya mendongkrak ekonomi Blora, namun juga Bojonegoro. Apalagi saat ini produksi minyak nasional tertinggi ada di Blok Cepu Bojonegoro.

“Kita harus optimis Pak Djoko (Bupati Blora), Bandara ini pastinya nanti akan banyak dimanfaatkan. Apalagi jumlah penduduk Blora, Bojonegoro dan daerah sekitarnya semakin banyak, otomatis butuh akomodasi yang lebih cepat,” lanjut Bupati Bojonegoro.

Sebagai tahapan awal, Bupati Bojonegoro ini mengajak Bupati Blora untuk bersama-sama meminta bantuan stakeholder terkait yang dinilai memiliki potensi mobilitas tinggi bisa memesan (booking seat) pesawat sebagai jaminan ketersediaan penumpang pesawat kepada maskapai penerbangan.

“Mungkin nanti Pak Djoko bisa mewajibkan ASN nya naik pesawat ketika akan ke Jakarta , begitu juga Pertamina EP 4, BPSDM Migas,dan STEM Akamigas untuk booking seat. Saya nanti bagian yang Exxon Mobil, dll,” pungkas Dr. Hj. Anna Muawanah.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Sementara itu, Bupati Blora, Djoko Nugroho pun mengapresiasi dan berterimakasih kepada Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawanah yang telah menyatakan dukungan penuhnya terhadap rencana pembukaan penerbangan di Bandara Ngloram.

“Terimakasih Bu Anna yang sudah mendukung kami. Kami akui, kita banyak belajar dari Bojonegoro. Selain dukungan terhadap Bandara Ngloram ini, Bojonegoro saat ini juga sedang membangunkan jembatan di Ngraho menuju Blora Selatan untuk membuka akses ekonomi di kedua wilayah yang selama ini terisolir,” ucap Bupati Djoko Nugroho.

Selanjutnya Bupati Djoko Nugroho menegaskan bahwa penerbangan di Bandara Ngloram harus bisa segera terwujud. Apalagi GM Service Lion Air Group sudah berkenan hadir langsung ke Blora untuk meninjau kondisi landasan bandara dan berminat untuk membuka penerbangan perdana.

“Sudah banyak tahapan yang kita lalui. Lahan yang sebelumnya aset Kementerian ESDM dibawah pengelolaan BPSDM Migas sudah dihibahkan ke Kementerian Perhubungan agar bisa dibangun. Kementerian Perhubungan juga sudah mengucurkan anggaran besar untuk pembangunannya, maka tidak bisa tidak, penerbangan harus bisa terwujud di Bandara Ngloram,” tegas Bupati.

Bupati Djoko Nugroho lantas meminta Sekda untuk bisa menyusun rancangan kerjasama booking seat pesawat antara Pemkab dengan Lion Air Group sebagai jaminan bahwa kedepan akan ada penumpang di awal pembukaan penerbangan sembari mendorong minat pasar.

“Rencananya Kementerian Perhubungan akan membuka penerbangan pertama 17 September nanti, apa itu tidak terlalu dekat. Terlebih masih kondisi pandemi seperti ini. Pada prinsipnya kami mendukung,” pungkas Bupati Blora.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Pada bagian lain, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Dewadaru, Ariadi Widiawan yang ditugasi Kemenhub untuk mengawal pembangunan Bandara Ngloram membenarkan bahwa pihaknya berkeinginan penerbangan perdana dilakukan 17 September 2020 nanti setelah dilakukan perpanjangan runway (landasan) dari 1200 meter menjadi 1500 meter.

“Sedianya akan diperpanjang hingga 1600 meter, namun karena pembebasan lahannya masih terkendala anggaran yang dialihkan untuk pandemi Covid-19 oleh Pemprov Jateng. Sehingga kami sementara hanya bisa melakukan perpanjangan hingga 1500 meter,” ucap Ariadi Widiawan.

Selain perpanjangan runway, menurutnya Kemenhub di 2020 ini juga melaksanakan rekonstruksi dan pelebaran apron, pembangunan gedung terminal sementara, pemasangan AFL dan melanjutkan pemasangan pagar pengaman bandara.

“Sebenarnya ada 19 paket pekerjaan di 2020 ini, namun karena masih pandemi sehingga hanya 5 paket itu tadi yang bisa berjalan. Jika menunggu pandemi selesai, bisa sampai 2023 baru jadi semuanya.

Itu terlalu lama, sehingga kami buat terminal sementara dulu dan melobby Lion Air Group untuk bisa membuka penerbangan di akhir 2020. Target kami 17 September nanti bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional ada penerbangan perdana di Ngloram sebagai kado untuk masyarakat Blora yang sudah lama memimpikan adanya bandara,” terang Ariadi.

Pihaknya mengakui masih ada beberapa kekurangan karena terminalnya pun masih sementara. Begitu juga jalan akses masuk bandara masih jalan sementara yang kondisinya belum bagus. Namun setidaknya sudah bisa untuk landing dan take off pesawat jenis ATR 72. Ahmad | Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com