JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

RSUD Bung Karno Solo Bakal Jadi RS Pengobatan Tradisional

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) melakukan kunjungan ke RSUD Bung Karno Solo, Jumat (3/7/2020). Dalam kunjungan tersebut Menkes didampingi Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Foto: JSNews/Prihatsari
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno Solo bakal menjadi RS pengobatan khusus tradisional. Realisasi peralihan RS tersebut akan didukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baik dari sisi SDM dan pendampingannya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan ke RSUD Bung Karno Solo, Jumat (3/7/2020). Kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan RSUD Bung Karno menjadi RS pengobatan khusus tradisional.

Baca Juga :  Achmad Purnomo Cabut Laporan, Kasus Kecelakaan SPBU Bhayangkara Resmi Dihentikan

“Bersama Pak Wali Kota, kita bicarakan bahwa pengobatan tradisional ini merupakan kearifan lokal yang harus ditonjolkan,” urainya.

Ke depan, dengan peralihan menjadi RS pengobatan tradisional tersebut juga mampu mendatangkan wisatawan.

“Pengobatan tradisional bisa dijadikan sebagai medical tourism. Siapa tahu juga dari pengobatan tradisional ini mampu memunculkan pengobatan untuk covid-19,” imbuh Terawan.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, RS pengobatan tradisional nantinya tidak akan menggantikan kedudukan RS modern lain. Fungsi RS pengobatan tradisional tersebut nantinya memback up RS modern.

Baca Juga :  Masih Melaju, Warga Solo Positif Covid-19 Capai 288 Orang

“Saya bukan dokter, saya berpikir nalar saja. Saya yakin kalau RS pengobatan tradisional ini berkembang, maka usia orang Indonesia bisa lebih panjang lagi hingga 80 tahun. Karena tidak ada lagi Hemodialisa, artinya semakin minim ginjal rusak karena obat kimia,” tukasnya. Prihatsari