JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Selain Covid-19, Hingga 7 Juli 2020, Kasus DBD di Temanggung 668 Orang, Empat Meninggal Dunia

Ilustrasi fogging memberantas nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue. Istimewa

TEMANGGUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi corona virus disease (covid-19) yang kini melanda Kabupaten Temanggung membuat pemerintah harus mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penularannya.

Namun, ancaman penyakit lain juga merebak di Kabupaten Temanggung yaitu demam berdarah dengue (DBD). Demam berdarah sendiri dipicu oleh gigitan nyamuk aedes aegypti yang berperilaku menggigit dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Data yang dihimpun, angka kasus DBD Temanggung sepanjang tahun 2020 hingga bulan Juli ini tergolong tinggi. Puncak penyebaran penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini diperkirakan akan terjadi sekitar Oktober-November, saat curah hujan mulai tinggi.

Baca Juga :  Mulai 3 Desember, Sebagian Jateng Tak Bisa Tonton TV Analog. KPID Jateng: Pemerintah Harus Pastikan Distribusi STB Aman

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung Sri Hartati, menyebutkan, data per 7 Juli 2020, jumlah penderita DB di Temanggung sudah mencapai 668 orang, dengan empat orang di antaranya meninggal.

“Dari 668 kasus itu terdiri dari 399 kasus Demam Dengue (DD), dan 265 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Sedangkan yang mengalami Dengue Shock Syndrome (DSS) sebanyak empat orang. Dari ratusan kasus tersebut, ada yang berupa kasus impor atau dari luar dan ada yang indegenius atau penularan setempat,” terang dia, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga :  Ganjar Minta Para Guru Tak Perlu Khawatirkan Nasibnya

“Puncak penyebaran penyakit Demam Berdarah diperkirakan Oktober-November. Pada saat itu biasanya curah hujan tinggi dan banyak genangan air, sehingga memungkinkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang lebih cepat,” sambung Sri Hartati.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com