JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ternyata Karanganyar Jadi Primadona Pecinta Gowes, Tapi Sayangnya Banyak Yang Keluhkan Ini!

Ilustrasi gowes. Foto/JSnews
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi gowes. Foto/JSnews

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setiap akhir pekan, warga yang melakukan olah raga bersepeda atau gowes selalu memenuhi jalanan di Karanganyar.

Bahkan, tidak jarang para peseda mengganggu para pengguna jalan lainnnya. Untuk itu, Dinas Perhubungan  (Dishub) Karanganyar didorong untuk segera melakukan penataan agar para pesepeda ini lebih tertib.

Keluhan itu dilontarkan para pecinta olahraga sepeda yang sering menyambangi Karanganyar.

Juliyanto, salah satu pesepeda asal Solo, Minggu (05/07/2020) mengatakan, Karanganyar merupakan salah satu tujuan utama saat melakukan olah raga yang memerlukan daya tahan tubuh yang cukup prima ini.

Menurutnya, Karanganyar memiliki pemandangan yang cukup indah dan dapat dinikmati sambil bersepeda.

Hanya saja para pesepeda ini sebagian masih kurang disiplin sehingga mengganggu pengguna jalan lain.

Baca Juga :  Dituduh Suntik Mati Pasien, Manajemen RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Berang. Sebut Sudah SOP, Ancam Gugat Balik Pencemaran Nama Baik!

“Sebenarnya jalur untuk para pesepeda sudah ada, mulai dari Papahan hingga ke Bejen. Hanya saja memang ada sebagian pesepeda yang tidak tertib hingga menggangu pengguna jalan lain. Ini yang harus ditertibkan, sehingga semua aman dan nyaman,” ujarnya.

Hal berbeda dikatakan Sudarsono, warga Palur, Karanganyar. Jalur khusus untuk sepeda mulai dari Papahan hingga ke Bejen, saat ini belum dapat dioptimalkan dengan baik.

Di jalur sepeda ini, menurutnya masih dimanfaatkan untuk parkir kendaraan. Sudarsono juga mengakui, jika masih banyak pesepeda yang kurang disiplin.

“Kami para pesepeda ini sebenarnya taat aturan dan melintas di jalur yang telah ditentukan. Terkadang, saat akan melintas, di jalur khusus sepeda ini malah dijadikan lokasi parkir. Dengan sangat terpaksa, kami melintas di jalur utama. Kami minta kepada dinas terkait, segera ditertibkan, “ jelasnya.

Baca Juga :  Tambah 5 Orang, Kasus Positif Covid-19 Karanganyar Terus Melonjak Jadi 139 Kasus. Suspek 1.482 Orang, 104 Sembuh dan 253 Orang Isolasi Mandiri

Sudarsono juga meminta kepada warga yang melakukan olah raga bersepeda, agar tetap menjaga ketertiban,  mematuhi aturan lalu lintas dengan tidak melaju secara beriringan.

Sebab hal itu dapat menggangu pengguna ajalan lain. Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Dishub Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, menjelaskan, terjadinya peningkatan para pesepeda di Karanganyar, segera mengambil langkah dan kebijakan, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

“Untuk Karanganyar sendiri, telah memiliki jalur khusus bagai pesepeda. Bersama Sat Lantas Polres Karanganyar, kita segera melakukan koordinasi , selanjutnya akan melakukan penertiban,” ujarnya. Wardoyo