JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tiba di Masjid Agung Surakarta, Sapi Sumbangan Jokowi Seberat 1,3 Ton Jadi Tontonan Warga

Masjid Agung Surakarta akhirnya kedatangan sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Idul Adha, Kamis (30/07/20) sekitar pukul 19.00 WIB. Foto: JSNews/Prabowo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masjid Agung Surakarta akhirnya kedatangan sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Idul Adha, Kamis (30/07/20) sekitar pukul 19.00 WIB. Sapi berjenis limosin itu memiliki berat 1,3 ton dan rencananya akan disembelih, Sabtu (01/08/20).

Sapi jumbo berwarna coklat itu langsung ditempatkan di kandang yang terletak di halaman masjid. Tak pelak, kedatangan sapi besar itu menyedot perhatian masyarakat.

Belasan warga langsung berbondong-bondong melihat sapi tersebut. Sayup-sayup terdengar suara gema takbir yang diserukan anak-anak dari dalam masjid.

Baca Juga :  PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test di Stasiun Solobalapan dan Yogyakarta

Tak sedikit mereka juga mengabadikan sapi besar itu baik melalui foto maupun video. Protokol kesehatan ketat pun dijalankan seperti penggunaan masker.

“Tadi habis maghrib saya dan anak ke sini karena informasinya sapi dari Pak Jokowi akan datang. Ternyata benar dan langsung ramai orang,” kata salah satu warga, Joko Saputro.

Sekretaris Masjid Agung Solo, Abdul Basid menjelaskan, total ada enam sapi yang sementara ini akan disembelih. Sementara untuk kambing sejumlah tujuh ekor.

“Tapi kemungkinan masih bisa bertambah karena kami penjadwalan penyembelihan Sabtu nanti. Pertimbangan kami kalau Jumat berbenturan dengan ibadah Sholat Jumat sehingga waktunya tidak cukup,” kata Basid.

Baca Juga :  PHBI Unisri Distribusikan 500 Bungkus Daging Kurban

Sapi kurban tersebut dibeli dari peternak asal Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Sapi jenis limosin tersebut dibeli Jokowi melalui Asosiasi Peternak Sapi Potong (ASPIN) Jawa Tengah dengan harga Rp 90 juta. Sapi tersebut akan diserahkan Jokowi kepada Masjid Agung Solo untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Prabowo